Sebuah Pemikiran Tentang Kesuksesan


Hari ini banyak banget pelajaran yang bisa saya ambil…

Dalam hidup ini, terkadang kita bingung mau kemana kita. Namun pada dasarnya kita semua mencari kebahagiaan. Hanya masalahnya, banyak orang yang tidak mengetahui hakikat kebahagiaan itu sendiri. Itulah kenapa banyak orang yang tertekan, stress, depresi, dll. Karena pengaruh lingkungan dan pengalaman, banyak orang mengidentikkan kebahagiaan itu dapat diraih saat kita memiliki banyak harta. Ada juga yang mempersepsikannya saat seseorang memiliki jabatan dan posisi yang tinggi dalam tatanan masyarakat, dan lain sebagainya.

Lalu pada kenyataannya, harta, tahta, kedudukan, kehormatan itu tidaklah membawa kebahagiaan. Paling banter itu cuman bisa jadi sarana menuju kebahagiaan yang sejati…
Banyak kasus yang menunjukkan hal itu. Hidup terasa hampa walau memiliki tahta dan harta berlimpah.

Lalu bagaimana kita mendapatkan kebahagiaan itu???
Bicaralah dengan hati kita, merenunglah, karena itu akan menjawab kebutuhan dari kita yang sebenarnya.
Karena kebahagiaan adalah urusan hati. Hati yang merasakan hal itu.

Itulah kenapa banyak psikolog, motivator, dan tokoh-tokoh dunia mengatakan bahwa kesuksesan seseorang yang sebenarnya adalah saat ia bisa membawa/ membantu orang lain untuk sukses bersamanya (tentunya kadar dan indikator ‘sukses’ ini berbeda bagi setiap individu).

Dan kalau kita mau mencermati lebih dalam, hal itu bisa terjadi karena kebutuhan untuk memberi adalah kebutuhan hakiki dari setiap hati nurani individu. Itulah yang membawa kebahagiaan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Setiap ‘elemen’ dari tubuh kita membutuhkan asupan ‘makanan’ sebagai pemenuh kebutuhannya. Akal kita membutuhkan ilmu pengetahuan, fisik kita perlu dilatih, hati kita pun -tidak terkecuali- membutuhkan asupan ‘makanan’.
Itulah kebutuhan hati kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s