AMANAH


Amanah…

Sebuah kepercayaan…

Ada yang bilang amanah itu gak boleh diminta…
Ada juga yang bilang kalo amanah gak boleh ditolak…

Amanah tuh suatu kewajiban kan??
terus sampai batas mana kita harus menerima segala amanah yang dibebankan pada kita??

saat kita diberi amanah…atau saya diberi amanah…
ada rasa syukur yang timbul karena sudah dipercaya, itu berarti saya memiliki kapasitas yang cukup baik untuk bisa bermanfaat bagi orang lain…
tapi di sisi lain…ada suatu perasaan yang ‘berat’, bahwa ini adalah tanggung jawab…amanah yang dititipkan itu bisa menjadi pemercepat langkah saya ke keridhoan-Nya jika berhasil diamalkan dengan baik…namun juga bisa menjadi penyebab saya mendapat dosa jika saya tidak mampu mengembannya dengan baik…

hmm…
lalu sekali lagi…
sampai batas mana kita harus menerima segala amanah yang dibebankan pada kita??

kalo dipikir-pikir, apa aja ya amanah saya???mmm…

  1. Formasi-B, jadi ketua. uh, rasanya masih belom ngapa-ngapain nih…astaghfirullah…pokoknya di akhir kepengurusan formasi-B harus bisa lebih baik dari sebelumnya…SEMANGAT!!!>_<
  2. Gamais ITB, tepatnya di Forum Muslim 2007, jadi ka-Korwil. Yang ini juga belom becus. Tapi konsep udah jelas, tinggal pelaksanaannya aja…insya Allah kalo sudah terlaksana semuanya akan lebih baik…SEMANGAT!!!>_<
  3. MITI (Mahasiswa Islam TI), jadi staff div.internal. Yang ini masih tahap inisiasi…alhamdulillah progressnya sudah cukup baik…ayo penuhi target korwil!!SEMANGAT!!!>_<
  4. Rohis Kelas, alhamdulillah yang ni cuma jadi pelaksana SMS tausiyah…baru ditunjuk baru2 ini sih…semoga bisa berjalan lancar…SEMANGAT!!!>_<
  5. Forkom Alims, hehe…yang ini sebenernya cuma jadi pengurus pasif…tapi kadang2 suka ikut mikirin juga…=9
  6. GTV, jadi krucil. Duh, maaf banget ya teman2 GTV, saya hampir gak pernah ke sekret…bener2 gak sempet…T_T
  7. Panitia PMB 2008, jadi tim inti. Masih tahap konsepsi sih…pokoknya harus bisa menyentuh semua muslim 2008!!!Biar semua bisa tertarik ikut mentoring!!!SEMANGAT!!!>_<
  8. Marketing+Publikasi KIT (Kajian Islam Terpusat). Sekarang hampir semuanya fokus kesini…yang lain jadi agak terbengkalai…ayo Ji…coba tawadzun…SEMANGAT!!!>_<
Hwaah…banyak juga ya…
oya ada yang terlewatkan… Ganesha Muda…
Maaf ya gak bisa aktif lagi…seringkali acara-acara GM tuh berbarengan dengan amanah2 di atas…jadi saya takut gak bisa optimal…T_T
tapi insya Allah komunikasi lewat milis tetep kok…lagian kalo emang waktu saya kosong pas acara-acara GM, saya bakal usahain ikut…^^ TI 2007…
Hadooh…maaf ya semua teman2 di TI…pengen banget aktif tapi gak kuat lagi…dan kayanya udah telat ya???T_T
yah, walopun gitu insya Allah pas PPAB saya akan coba aktif kok…SEMANGAT!!!>_<
——————-———

Lalu sekali lagi…
sampai batas mana kita harus menerima segala amanah yang dibebankan pada kita??
apakah dengan amanah-amanah di atas bisa menjadi alasan untuk membatasi diri ini??? Lucunya, akhir-akhir ini ada temen yang bilang ke saya, “lw sibuk banget ya benk??”
haha…saya jadi mikir, “iya juga ya”…
sebenernya saya sejak semester 2 udah mau lebih selektif dalam memilih amanah…
tapi tetep aja gak bisa membatasinya…setelah saya ingat2…salah satu sebabnya tuh saya orangnya SENSITIF dan PERFEKSIONIS…
kalo udah liat orang susah, dan saya tau apa masalahnya…saya jadi gak tega buat meninggalkannya begitu saja…seenggaknya itu terbukti dalam keterlibatan saya di KIT…
kalo masalah perfeksionis…saya pengen banget bikin sesuatu itu maksimal menurut saya…jadi aja seringkali saya ingin terlibat dalam berbagai kegiatan…sampai batas ini saya masih belum melihat bahwa kedua hal itu adalah kekurangan…dengan catatan, semua itu tetap berada dalam batas keseimbangan…

memang kadang2 mikir, kayanya saya udah gak adil sama diri sendiri, waktu belajar jadi minim banget, IP juga kurang memuaskan…
tapi seringkali di saat itu saya tergelitik dengan pemikiran saya sendiri…
bukankah saya masih sering tidur lebih dari 4 jam per hari???
bukankah saya masih sempat bermain dan mengobrol bersama teman2???
bukankah setiap jam makan saya seringkali masih bisa menyempatkan waktu untuk makan???


berarti…
hmm…
mungkin masalahnya bukan pada jumlah amanah…
tapi masalah sebenernya ada pada diri saya sendiri…kekuatan saya…manajemen diri saya…
Astaghfirullah…

“…Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami…” (QS. Al-Baqarah:251)

“Ketahuilah bahwa kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang terluang, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan jika engkau punya tugas selesaikanlah segera” (Hasan Al-Banna)
“for better tomorrow, for better civilization”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s