Mimpi Saya untuk Kemahasiswaan ITB


ehm…

masa kampanye kalo gak salah uda selesei ya??

berarti bentar lagi bakalan ada pencoblosan…angkatan 2007 gak dapet hak suara…kontroversial memang…

bukan, bukan karena keegoisan untuk mendapatkan hak pilih…ini lebih kepada tingkat kelogisan dari latar belakang sebuah kebijakan…hmm…

yasudahlah…walaupun gak dapet hak pilih, tetep aja kita semua berharap KM tahun ini bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya…

apa sih sebenernya tugas KM??wah, males kalo dijelasin disini, so coba aja liat AD/ART KM…insya Allah cukup lengkap

yang pasti, saya yakin bener kalo KM di sini memiliki peran yang sangat penting untuk membangun sense tridarma perguruan tinggi…yang salah satunya adalah PENGABDIAN…

ya!!!itulah!!!

lagi-lagi disebutkan bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk mengabdi kepada masyarakat…oke, yang saya tau di KM ada sospol (sosial-politik, walo kabarnya untuk angkatan ini gak ada)…sebenernya sospol bisa jadi sangat penting untuk menjalankan fungsi pemuda sebagai ‘guardian of value’

akhir-akhir ini di ITB sering ada seminar-seminar tentang permasalahan bangsa dan global…ya kan??mulai dari masalah global warming, cadangan tenaga, minyak, PLTSa, dll…

banyak banget masalah yang sebenernya harus coba dicari solusinya oleh kaum intelektual di Indonesia, yang salah satunya adalah kaum mahasiswa…

so, gimana sih mimpinya???

nah, berhubung masalahnya emang banyak, harus ada pembagian kerja yang tepat agar hasil yang dicapai bisa maksimal. Saya jadi bermimpi, gimana kalo di setiap jurusan di ITB tuh tiap himpunannya ada bagian KASTRA (Kajian Strategis) dan PM (Pengabdian Masyarakat).

Kebayang gak sih, kalo tiap bulan jurusan2 di ITB mengangkat suatu tema permasalahan bangsa atau dunia, yang khusus sesuai dengan bidang keilmuannya…bakalan banyak banget kan solusi-solusi yang bisa dihasilkan???

nah, peran KM disini adalah menjembatani solusi yang sudah dihasilkan ini untuk nantinya diteruskan ke departemen pemerintah terkait dan bisa menjadi alternatif kebijakan…

jadi, apa yang dilakuin anak ITB tuh bukan cuma ngomong doang atau diskusi tiada ujung, tapi bakalan jadi sesuatu yang konkrit jadi solusi…hmmm…

Misalnya nih ya…

jurusan teknik perminyakan mengambil tema mengenai kenaikan harga minyak dunia…berbagai analisis dilakukan secara cerdas berdasarkan fakta…lalu didiskusikan di tingkat mahasiswa, dosen, bahkan kalo mungkin praktisi dan politisi (conditional aja)…sampai akhirnya membuahkan sebuah solusi bagi bangsa ini…

nah, terus solusi itu diterusin ke pemerintah…siapa tau bisa jadi alternatif yang cerdas…^^

efektif banget kan???jadi gak selamanya kontribusi seorang mahasiswa tuh cuma lewat aksi-aksi aja…berhubung ITB tuh memiliki kelebihan dalam disiplin ilmunya, ya kenapa gak diefektifin di bagian itu aja???(pernyataan ini bukan berarti mengeliminasi tanggung jawab mahasiswa untuk aksi jika dibutuhkan)

so, untuk masalah akademik, anak2 ITB udah bukan jamannya lagi untuk HANYA concern sama memenangkan lomba-lomba…harus lebih dari itu…sesuatu yang berguna bagi masyarakat luas…

hmmm…. mungkin gak ya???atow sekedar mimpi aja???

yah,walo gimanapun…mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok…ya kan???=9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s