GAMAIS IN(my)SIDE


Saat saya masuk ITB dan berjibaku di kampus, saya sudah berkeinginan untuk aktif di salah satu unit tertentu, yaitu GAMAIS ITB (Keluarga Mahasiswa Islam ITB). Kenapa?mungkin jawabannya dapat ditemukan pada halaman ini.

Cukup banyak hal yang sudah saya lakukan di Gamais (yah, menurut saya sih lumayan banyak untuk anak tingkat 1). Mulai dari kepanitiaan (khususnya KIT), berperan sebagai korwil (koordinator wilayah) forum muslim, menjalankan program-program pusat dan wilayah (gak banyak sih, tapi ada), acara-acara pembinaan dan kaderisasi, dan yang pasti ada 1 hal yang belum pernah saya dapat dari organisasi manapun yang saya ikuti selama SMA dan kuliah, yaitu…’jalan-jalan’

Yap!jalan-jalan…tapi ini bukan jalan2 biasa yang suka dilakukan sama pejabat2 kita *loh kok rada ngelantur??*
Jalan-jalan ini adalah sarana kaderisasi aktif bagi kader Gamais untuk dapat mengetahui bagaimana kondisi LDK (Lembaga Dakwah Kampus) di belahan bumi Indonesia yang lain. Seperti yang kita tahu, Gamais dalam lingkup nasional sudah dipandang sebagai LDK yang aktif, solid, mandiri, dan kreatif. Itulah yang membuat Gamais merasa perlu ‘berbagi’ dengan LDK lain di Indonesia.

Dalam lingkup forum ke-LDK-an tingkat nasional, ada yang namanya FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus). Dalam forum ini, hampir semua perguruan tinggi di Indonesia (UI, UPI, ITB, UGM, ITS, UNS, UNDIP, UNLAS, dan bahkan dari Kalimantan, Sulawesi, dan Papua!!) mengirimkan perwakilan untuk LDK-nya, bersama berkoordinasi untuk menyukseskan program dakwah kampus di Indonesia.

Saya, pertama kali diajak “jalan-jalan” oleh Kepala Gamais (kang Yusuf), untuk mengikuti Rapat Pimpinan Nasional FSLDK yang diadakan di Semarang, sekitar bulan Januari tahun 2008 lalu.

Banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapat disana. Walaupun memang sedikit minder karena hampir semua yang ada disana adalah petinggi2 yang uda angkatan 2003,2004,dan 2005 (ada juga sih beberapa yang 2006 dan 2007), saya sangat bersyukur bisa mendapatkan pengalaman seperti ini. Jujur saya awalnya tidak mengetahui dan kurang peduli dengan keadaan kampus lain. Namun sejak saat itu, saya menjadi mengerti bahwa di belahan bumi Indonesia manapun (bahkan belahan bumi manapun), pasti akan ada prajurit2 Allah yang senantiasa menegakkan agama-Nya untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Subhanallah…

di Semarang itu juga kang Yusuf ngisi training di UNNES (IKIPnya Semarang). Saya belajar banyak saat itu. Saya jadi sadar betapa materi yang menurut saya udah ‘makanan sehari-hari’ di Gamais, bagi saudara2 di UNNES merupakan konsep yang sangat luar biasa dan inspirasional. Saya jadi pengen bisa ngisi juga, entahlah kapan, semoga Allah memberikan kekuatan untuk saya untuk melakukan sesuatu yang lebih.

Kemaren (Kamis, 1 Mei 2008) saya dan Adit TF’07 diajak ‘jalan-jalan’ lagi. Kali ini, ke UNS di Solo. Subhanallah, banyak lagi pengalaman dan ilmu yang insya Allah bermanfaat.

Seperti biasa, saat kang Yusuf ngisi, peserta begitu antusias dan merespon dengan sangat positif. Di UNS, seperti kebanyakan kampus lain yang memiliki luas geografis yang besar, LDK nya lebih diaktifkan di wilayah (dalam hal ini fakultas). Kondisi wilayah mereka sudah sangat solid, sesuatu yang sangat baik untuk dicontoh oleh Gamais yang sedang mencoba membangun wilayahnya.
Sebenernya saya punya cita2 untuk bisa jadi penulis dan trainer dalam jangka waktu saya jadi mahasiswa. Untuk nulis, gara2 Gamais saya jadi terpacu untuk nulis di blog. Untuk jadi trainer, saya juga sering diajak “jalan-jalan” ngikut BPH Gamais ngisi training…alhamdulillah…

Semoga semua ini bisa membawa kebaikan bagi sebanyak2nya manusia…amin

9 thoughts on “GAMAIS IN(my)SIDE

  1. Aq adlh anak yg pernah ikut lomba geguritan, kesan d unnes adlh, megah, besar, dan luas. T O P bngt! Saran, sy msh liat sampah yg berkeliaran. Tlng y d giatkan lg. Pokoknya, sukses bwt unnes! Chayo

Leave a Reply

