Gamais Peduli


Gamais Peduli tuh acara bakti sosial yang dipanitiakan oleh beberapa muslim angkatan TPB (2007) yang juga bekerja sama dengan FIM (Forum Indonesia Muda). Targetnya kemarin adalah kampung 200.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang kampung 200, bisa diliat di sini

Acaranya banyak, mulai dari games seperti lomba futsal ibu2 pake daster , lomba tarik tambang, balap kelereng, pelatihan keterampilan dan wirausaha, nonton film, training tentang pendidikan dasar, hiburan berupa teater dan nasyid, kerja bakti, outbond untuk anak2, bagi2 bahan makanan pokok, dll.
Pokoknya seru deh!!!kalo mau baca lebih lengkap bisa di sini

Saya sendiri baru bisa dateng hari minggu siangnya, sabtu gak bisa soalnya ada osjur (PPAB). Ternyata seru banget di situ bisa ketemu masyarakat yang jarang ketemu, pemandangan di situ juga bagus banget, udaranya sejuk, dan yang pasti, anak2 kecilnya heboh2 banget…hahaha…

Saya baca blog temen (salah satu panitia) yang ikut acara ini full, dan dia menyampaikan kesannya dengan sangat baik…

Entah kenapa aku ingin menulisnya

Bukan karena apa2

Hanya sebuah keinginan untuk meluahkan pengalaman ini ke dalam kata2, menyimpannya dengan baik dalam sel memori, mendekapnya erat dalam ingatan, agar ia jauh sejauh2nya dari lupa, agar zaman tak mampu menelannya, agar usia tak mengambilnya dariku,,,

Tak lain tak bukan karena aku tak ingin kehilangan. Kehilangan sesuatu yang berharga, kehilangan sebuah penghargaan, kehilangan sepenggal kisah yang bisa kuceritakan untuk siapapun kelak.

Sore itu indah, diselimuti layung Tuhan dengan teduhnya kelembutan, hingga aku bisa merasakan belaian kasih sayang angin yang bertiup, penuh bahasa kasih, cinta, cinta Tuhan yang ia percikkan ke setiap sukma manusia.

Kampung 200, Cisitu, 10 Mei 2008, saat mega melagukan tasbih alam. Di dalamnya ada benih hujan, yang dengannya Tuhan melimpahkan nikmat, meneguhkan setiap tapak yang berjalan di muka bumi. Angin menggiringnya ke kampung seberang, membawa serta keluh kesahku, menguap, menjauh,meninggalkan kerak bumi.

Semua rasa melebur bersama tawa anak2, mereka berlarian, tertawa, manja minta digendong, mengajak bercengkerama kakak2 yang sengaja datang untuk mereka. Aku tau, saat itu mereka merasa seperti putri2 dan pangeran2 di negeri dongeng, seperti yang selalu mereka dengar,mereka merasa dihargai, ada yang peduli, ada yang bertanya kabar mereka hari itu, bagaimana sekolah mereka, dengan apa mereka makan tadi siang,,

Subhanallah, aku sedang menggenggam ibrah. Tuhan, hari itu milik mereka, milikku, milik aku, milik mereka. Maka nikmat Engkau mana yang berani kudustakan???

Saat membaur bersama mereka, apalagi yang bisa meluluhkan hati selain kepolosan dan kejujuran mereka. Mereka jujur pada diri sendiri, mereka jujur pada dunia, mereka jujur pada Rabb mereka. Walaupun mereka tidak mengerti mengapa mereka seperti itu. Entah kenapa aku percaya kalau anak2 dekat dengan malaikat, mereka tidak pernah tau cara mengejawantahkan duka selain dengan menangis, mereka tidak mengerti bagaimana menunjukkan bahagia selain dengan tertawa. Mereka suci, sesuci senyuman mereka. Mereka guru2ku, dosen2ku yang sengaja diatur Tuhan untuk memberikan kuliah kehidupan, tentang kejujuran adalah kekuatan, bahwa orang yang jujur adalah orang yang kuat. Mereka membuktikannya, mereka mampu membuatku melihat kekuatan, menembus tulang2 mereka yang masih rapuh. Dan pelajaran itu akan kubawa dalam hidup, mengalir mengikuti darah di segenap pembuluhku, membuncah di setiap nafasku, hingga akhirnya ikut terkubur bersama jasadku kelak dan dengan ruh, kubawa menghadap Zat yang dariNya kejujuran itu berasal. InsyaAllah, amin…

selengkapnya bisa di klik di sini

yah…semoga acara bakti sosial ini bisa rutin dilaksanakan…
karena kebahagiaan yang hakiki bukanlah saat kita dapat menerima, namun justru saat kita mampu memberi…

“for better tomorrow, for better civilization”

One thought on “Gamais Peduli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s