Behind the Song “Sandaran Hati – Letto”


Sandaran Hati
by Letto

Yakinkah ku berdiri
Di hampa tanpa tepi
Bolehkah aku
MendengarMu

Terkubur dalam emosi
Tanpa bisa bersembunyi
Aku dan nafasku
MerindukanMu

Terpuruk ku di sini
Teraniaya sepi
Dan ku tahu pasti
Kau menemani

Dalam hidupku
Kesendirianku

Teringat ku teringat
Pada janjiMu ku terikat
Hanya sekejap ku berdiri
Kulakukan sepenuh hati
Peduli ku peduli
Siang dan malam yang berganti
Sedihku ini tak ada arti
Jika Kaulah sandaran hati
Kaulah sandaran hati
Sandaran hati

Inikah yang Kau mau
Benarkah ini jalanMu
Hanyalah Engkau yang ku tuju
Pegang erat tanganku
Bimbing langkah kakiku
Aku hilang arah
Tanpa hadirMu
Dalam gelapnya
Malam hariku

semenjak baca postingan temen tentang makna lagu “Sebelum Cahaya”-nya Letto, kemaren gak sengaja denger lagu “Sandaran Hati” dan memaknainya lagi…ternyata…..

Bait pertama:
Menunjukkan seorang yang berada dalam kehampaan malam, berdiri untuk mengingatNya dan mengagungkan nama-Nya (shalat malam-red). Dengan segala kerendahan hati berharap agar apa yang diminta dapat dikabulkanNya.

Bait kedua:
Dalam kesendirian dan kegelapan malam itulah ia meluapkan segala emosi, kesedihan, dan ‘curhat’ kepada-Nya. Segala himpitan hidup membuat ia sangat merindukan-Nya.

Bait ketiga:
Segala kesulitan, musibah, dan cobaan yang menempanya dalam kehidupan membuatnya terpuruk, namun ia tahu pasti bahwa Ia akan selalu menemani. Segala cobaan yang menimpa sesungguhnya telah diukur agar sesuai dengan kemampuan kita.

Bait keempat:
Dalam hidup ini terkadang kita merasa sendiri. Saat segalanya terasa sulit, hanya Ia yang kita yakini selalu dekat dengan kita, bahkan lebih dekat dari urat leher kita sendiri.

Bait REFF:
Dirinya teringat akan janji-janjiNya. “Bersama kesulitan pasti ada kemudahan”. Maka ia berdiri untuk mengingatnya, walau hanya sekejap, namun dilakukannya dengan penuh keihklasan hati.
Segala kesulitan dan keterpurukan tidak akan berarti, karena Ia selalu ada di hati.

Bait terakhir:
Terkadang kita menginginkan sesuatu yang sebenarnya tidak baik untuk kita. Terkadang kita tidak menginginkan sesuatu padahal itu baik bagi kita. Terkadang kita bertanya “Benarkah ini jalanMu?(jalan yang sesuai dengan keinginanNya)”
Bersama dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati, kita berkata “Hanya Engkau yang ku tuju”. Kita tawakal padaNya dan hanya mengharapkan agar kita ditunjukkan olehNya jalan yang lurus.

Subhanallah…jadi suka sama lagunya nih…hehe…=9

15 thoughts on “Behind the Song “Sandaran Hati – Letto”

  1. assalamu’alaykum wr wb

    kalo gw, pas reff tuh memaknai ‘janji’ sebagai syahadat…

    “Teringat ku teringat
    Pada janjiMu ku terikat”

    (ya, aku ingat bahwa ‘asyahadu ala ilaha ilallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah’)

    ‘Hanya sekejap ku berdiri’

    (tapi, ya Rabb, sangat sedikit kumengingat-Mu)

    umm, mungkin gitu,,,

    oya,, link punya gw ganti jadi http://rezaprimawanhudrita.wordpress.com ya…

    *jangan lupa nama gw ada hudrita-nya, ubah ya… =D*

  2. walau bagaimana pun,……………

    musik tetap haram khan??..

    find the answer
    Al Qur’an Assunah

    Ittaqillah haitsu ma kunta

    asaa an takrohu syaian
    wa huwa khoirun lakum
    wa asaa an tuhibbu syaian
    wa huwa SYARRUN lakum!!..

    jazakallah khoir

  3. @ ph : betul2! aku juga ingetnya itu (bagian janji terikat). kalo sandaran hati mah udah suka dari sma, soalnya pas searching teksnya, dapetnya pas Mu-nya buat Tuhan (Allah).

    @ inshallahshaheed (amiiin doain saya juga yah) : jadi inget tulisannya thufail alghifari waktu dia ‘difatwa’ sama aja karena musik haram. dia bilang, dia nge-rap bukan untuk orang2 yang ‘mengerti’. tapi buat orang2 yang belum mengerti, agar nantinya jadi mengerti. begitu.
    kalo kaya gitu gimana?

    punteun benk, jadi kayak forum diskusi nih,

  4. @inshallahshaheed : tapi menafsirkan liriknya ga haram kan? beda dengan quran yang ada syaratnya. mungkin itu alasan si penulis =D

  5. alhamdullilah……
    kami dari malaysia terima hasil nukilan dari band letto dengan seadanya…..,hasil seni yang infrensif dan halus tatabicaranya….tak seperti band lain yg sering mengisahkan lagu mereka tentang cinta yang melebih-lebih, adanya band seperti di malaysia dah lama dapat perhatian dwi-bahasa pemuda pemudi…..kerana pengaruh dari band letto adalah seni balada yang sesuai untuk mempengaruhi jiwa remaja ke arah cinta yang positif dan berbudi pekerti…….

  6. na juga suka gituin lagu ji..
    yang na suka di lagu “my heart”nya acha ma irwansyah.

    Disini Kau dan aku
    Terbiasa bersama (dulu..saat kita blom ada dibumi…kita masih manja2 disana kan,,inget kan..cerita pas di pelantikan atau di LGC?)
    Menjalani kasih sayang
    Bahagia kudenganMu

    Pernahkah kau menguntai
    Hari paling indah (Hari itu,,saat kita begitu dekat denganNya)
    Ku ukir nama kita berdua
    Disini surga kita (dulu kita disana..diciptakan olehNya)

    Bila kita mencintai yg lain
    Mungkin kah hati ini akan tegar
    Sebisa mungkin tak akan pernah
    Sayang ku akan hilang

    If u love somebody
    Could we be this strong
    I will fight to win
    Our love will conquer all
    Wouldn’t risk my love
    Even just one night
    Our love will stay in my heart
    My heart

    Pernahkah kau menguntai
    Hari paling indah
    Ku ukir nama kita berdua
    Disini surga kita

    Bila kita mencintai yg lain
    Mungkin kah hati ini akan tegar
    Sebisa mungkin tak akan pernah
    Sayang ku akan hilang

    Bila kita mencintai yg lain
    Mungkin kah hati ini akan tegar
    Sebisa mungkin tak akan pernah
    Sayang ku akan hilang

    If u love somebody
    Could we be this strong
    I will fight to win
    Our love will conquer all
    Wouldn’t risk my love
    Even just one night
    Our love will stay in my heart
    My heart

    klu na ngartiin kurang bagus,,kmu ciptain sendiri yaah.
    tapi ini deep bgt bagi na.

  7. comment lagi. dibanyak2in deh.
    na juga,,pas semester2ini, akademik na turun..tapi na seneng bgt…reading na..yang na ga harepin nilainya..ternyata reading na dapet “A”..
    trus na makasi bgt..
    dan jadi ngulang-ngulang lagunya afgan.
    (afgan lg booming juga sii.)
    “Terima Kasih Cinta”

    Tersadar didalam sepiku
    Setelah jauh melangkah
    Cahaya kasihMu menuntunku
    Kembali dalam dekap tanganMu
    (Na bener2 bahagia bgt..ngerasa disayang bgt ma Dia)

    Terima kasih Cinta (Maha Pemberi Cinta) untuk segalanya
    Kau berikan lagi kesempatan itu (Dia masih megizinin na buat dapet sesuatu itu)
    Tak akan terulang lagi (gabakal lagi belajar ga sungguh lagi)
    Semuaaa kesalahanku(ga ngasi usaha terbaik buat uts-uts dan uas-uas) yang pernah menyakitiMu

    TanpaMu (tanpa niat hanya untuk mencapai rahmat dan ridhoMu)tiada berarti
    Tak mampu lagi berdiri (gada kekuatan lagi)
    Cahaya kasihMu (Quran itu) menuntunku
    Kembali dalam dekapan tanganMu (Kembali meluruskan niat..)

    Terima kasih cinta untuk segalanya
    Kau berikan lagi kesempatan itu
    Tak akan terulang lagi
    Semuaaa kesalahanku yang pernah menyakitimu

    ouuwwww…
    ouuwwww…

    Terima kasih cinta untuk segalanya
    Kau berikan lagi kesempatan itu
    Tak akan terulang lagi
    Semuaaa kesalahanku oouuwww
    Kesalahanku yang pernah menyakitimu

    aji tau lagu afgan ga ya?

    biasanya..cewe2 si,,pada tau..🙂

  8. Ketahuilah bahwa kemaksiatan itu tidak bisa menjadi mubah atau menjadi ibadah hanya berdasarkan niat, sebagaimana perkataan Abu Hamid Al-Ghozali yang telah lalu Dan ketahuilah bahwasanya meskipun sebagian maksiat itu berubah menjadi mubah pada keadaan-keadaan tertentu namun hal itu harus berdasarkan dalil khusus yang memperbolehkannya dan bukan hanya sekedar dengan niat (untuk beribadah). Contohnya adalah:
    A. Dusta adalah haram dan termasuk dosa besar, akan tetapi bohong diperbolehkan pada tiga keadaan berdasarkan nash hadits Rosulullah SAW, dan bukan hanya sekedar berdasarkan niat. Keadaan-keadaan tersebut adalah keadaan perang, mendamaikan antara manusia dan antara suami istri, sebagaimana yang diriwayatkan Muslim dari Ummu Kultsum binti Uqbah ra.
    B. Makan bangkai adalah haram dan termasuk dosa besar, akan tetapi boleh dilakukan ketika dalam keadaan terpaksa karena kelaparan berdasarkan nash dalam Al-Qur’an, dan bukan berlandaskan niat. Alloh berfirman:
    إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَآأُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلاَ إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللهَ غَفُورُُ رَّحِيمٌ
    “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya), sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Baqarah:173).
    Dan dalil yang memperbolehkan makan bangkai ini membatasi rukhshoh (keringanan) pada keadaan tertentu saja sehingga tidak boleh dikiaskan pada yang lainnya.

  9. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda: “Kelak akan ada dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras dan musik.” (HR. Bukhari dan Abu Daud)

  10. asslm…

    pertama: subhanallah…

    kedua: sy br nyadar makna lagu itu istimewa..

    ketiga: terima kasih, krn udah memkanai lagu itu (meskipun q baru tau^^).. dari makna itu, sy sadar akan sesuatu..

    wsslm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s