INTEGRATED TRAINING 2008


Alhamdulillah, pada Sabtu-Minggu kemarin, tepatnya tanggal 26-27 Juli 2008 telah diadakan suatu acara yang rutin dilaksanakan oleh FORKOM ALIMS (Forum Komunikasi Muslim Alumni Smansa) tiap tahunnya, yaitu IT 2008 atau Integrated Training 2008. Acara ini dipanitiakan sebagian besar oleh Forkom Alims angkatan 2007, serta diketuai oleh Agung Darmawan. IT 2008 ini ditujukan untuk angkatan Bajigur Plin Plan ( smansa angkatan 2008 ) yang baru saja lulus dari smansa. Bertempat di Saung Wira, sebuah penginapan yang nyaman di daerah Ciawi, acara ini bertujuan untuk mengajak alumni baru smansa mengenal lebih dekat mengenai dakwah, khususnya dakwah sekolah.

Awalnya, baik panitia maupun peserta berkumpul di SMA kami tercinta, SMA Negeri 1 Bogor. Pada waktu yang ditentukan, sekitar pukul 8 pagi, mayoritas panitia dan peserta telah hadir di lokasi, hanya tinggal menunggu beberapa orang yang datang sedikit terlambat. Sambil menunggu, panitia melakukan rapat briefing, dan pada waktu yang bersamaan, tim pendahulu yang beranggotakan Dipta, Irvan, Agung Darmawan, dan Agung Wibowo mulai berangkat ke lokasi.

Setelah memastikan semua peserta telah hadir, divisi transportasi, yang diketuai oleh Pandudamai, bersama dengan temannya, Adjie, menyewa angkot ke daerah BTM. Dua angkot pun berhasil di lobi dan segera melaju ke SMAN 1 Bogor. Berangkat sekitar pukul 9 dari smansa menuju lokasi acara, tidak terduga perjalanan yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 jam, hanya membutuhkan kurang dari 30 menit saja, sehingga acara menjadi mulai lebih cepat. Waktu tambahan tersebut dipergunakan untuk bersitirahat dan shalat dhuha. Bagi tim acara, yang beranggotakan Asep, Nadia, Izzah, dan t’Acid dan diketuai oleh Agung Wibowo, waktu luang ini dimanfaatkan untuk briefing acara.

Seusai melaksanakan shalat dhuha dan sedikit berbenah, acara dibuka dengan tilawah dan slide pengantar. MC yang ditunjuk untuk memandu acara ini adalah Adjie. Secara umum, IT 2008 ini berisikan materi mengenai pembekalan kampus, tarbiyah, dan penjelasan forkom alims beserta kaderisasinya. Terdapat pula studi kasus mengenai kondisi keislaman di sekolah tercinta, SMAN 1 Bogor. Kesemua materi dan rangkaian kegiatan di atas bertujuan untuk memberikan wawasan keislaman kepada peserta, menumbuhkan tekad untuk berjuang dalam dakwah, terutama dakwah sekolah, dan mengenal lebih dalam tentang forkom alims sebagai organisasi resmi dakwah sekolah di SMAN 1 Bogor.

Materi berlangsung bada dzuhur dan bada ashar. Diawali dengan materi pengenalan kampus oleh a’Fahmi dan a’Syamsudin yang kocak, serta dipandu oleh a’Hastomi, materi pertama ini terasa cukup mengasyikan dan sangat bermanfaat bagi peserta yang hendak melanjutkan studinya ke bangku kuliah. Setelah ashar, materi tarbiyah pun disampaikan oleh a’Dudi. Materi ini benar-benar membuka pandangan kami tentang islam dan dakwah secara umum. Materi kedua ini berlangsung hingga menjelang maghrib.

Malamnya, diadakan studi kasus mengenai kondisi keislaman di sekolah kami tercinta, SMAN 1 Bogor. Studi kasus berjalan dinamis dan seru, banyak hal yang dapat diambil untuk perbaikan dakwah sekolah ke depannya. Sekitar pukul 22.30 acara malam itu selesai dan waktunya untuk tidur dan beristirahat. Sekitar pukul 03.30, setelah shalat malam, diadakan muhasabah yang sangat dalam dan menyentuh, juga melelahkan. Muhasabah kali ini melakukan simulasi meninggal dunia dan pencabutan nikmat. Maksudnya, peserta melakukan simulasi jikalau mereka kehilangan fungsi anggota-anggota tubuh mereka, mulai dari mata, kaki, tangan, dsb. Namun, walaupun dalam keadaan yang lumpuh, mereka tetap diharuskan untuk meraih cahaya putih yang berasal dari lampu panitia. Dengan berguling-guling di tanah yang kotor, mereka terlihat tetap bersemangat meraihnya. Subhanallah.

Pagi harinya, seperti biasa, ada olahraga yang tidak lain dan tidak bukan adalah bermain sepak bola!! untuk akhwatnya, gak tau juga deh…hehe… Acara ini semakin meriah dengan adanya outbond yang sangat seru dan heboh, salah satunya yaitu PERANG AIR!!! Pada pos perang air ini, panitia ikhwan melawan peserta ikhwan. Karena panitia khawatir peserta kecewa, maka panitia pun mengalah untuk menang (hehe…kalah mah kalah aja kali…=9)

Tentu saja, acara yang paling penting adalah foto-foto!!^^ hehe… Maka setelah permainan perang air, peserta dan panitia pun melakukan foto bersama, sayang Denis sebagai fotografer jadi gak bisa ikut foto.

Sekitar pukul 14.30, setelah makan dan pengumuman terakhir, acara pun ditutup dengan slide penutup dan doa. Hanya harapan dan doa yang tersisa, semoga acara ini membawa manfaat sebanyak mungkin dan menjadi titik tolak majunya kembali dakwah sekolah di SMA kami tercinta.

EXTRA:

Tidak lupa, untuk refreshing, setelah kembali ke sekolah dan menunaikan shalat ashar, sebagian panitia ikhwan yang masih ada di smansa, menyantap sop buah bersama di tempat langganan kami, pak Ewok…=9.. sayang 4 orang dari kami telah pulang duluan jadi ga bisa ikut makan-makan.

Pokoknya subhanallah banget…acara ini benar-benar berkesan, dan semoga juga membawa manfaat yang sangat banyak baik bagi peserta maupun kami panitia. Syukron buat semuanya kawan, you are the best!!! Jazakumullah khairan katsiran. Semoga kita tetap istiqomah di jalan-Nya. Dan semoga kita bisa ketemu lagi. Amin.



TESTIMONI PESERTA

Anisa (UI):

“Waiyaki…sama2..makasih banyak ya panitia atas acaranya, perhatiannya, kasih sayangnya, dan keinginannya membuat kami lebih baik…jazakumullah khoyr jazza…”

Mia (UNS):

“Sama2 teteh…Mia juga minta maaf sebagai peserta kalo merepotkan…Jazakumullah untuk semuanya…Alhamdulillah IT-nya sangat menyenangkan dan bermanfaat”

Gusti (UGM):

“Subhanallah acaranya, two thumbs up. Jazzakallah, keep silaturahim”

Agus (xxx):

“Tempatnya enak, materinya bagus2, Cuma MCnya ga bagus hehe kidding. Muhasabahnya keren, tapi ngegelindingnya jangan kebanyakan jadi pusing nih. Makanannya banyak, terus makanan terakhirnya maknyus tapi kurang sambel. Oia outbondnya keren. Tapi pos 1&2 nya dah familiar jadinya kurang seru. Panitianya kalah, payah. Hehe.”

Saeful (xxx):

“Alhamdulillah pas udah ikut IT kemaren ipul jadi sadar ipul harus meningkatkan lagi keimanan dan ketakwaan ipul kepada Allah SWT. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dari tahun sekarang.”

Elfan (T. Mesin-UI):

“Acaranya bagus, inovatif, dan banyak manfaat yang bisa diambil…mau ngasih masukan aja, harusnya dikasih tau sebelumnya ada acara outbond (sebenarnya buat muhasabah) jadi bener-bener bisa disiapin baju. Ali imran 102-104 ga dites..trus kayanya peserta lebih banyak dari panita. Harusnya karena acaranya terbuka buat semua, jadi panitia mengundang semua alumni smansa yang baru lulus. Syukron”

Karina (Psikologi-UNPAD):

“Kesan:

1. Materinya mantep!!bqn nambah berani tapi tetep waspada buat masuk ke dunia kampus..

2. Selain mengenyangkan, konsumsinya juga sehat banget..hehe..

3. Outbondnya heboh!!>_< rame, bikin badan gerak semua..tapi gara-gara outbond akhwat, ada aa yang jatuh dari motor..T.T (afwan banget ya a, semoga lukanya cepet sembuh)

4. Muhasabahnya luar biasa..x) unpredictable banget…ga bakal lupa d…

Pesan:

1. Buat anggota/ caang forkom yang di luar jabodetabek, kalo bisa jangan terlalu dilupakan…sering-sering dihubungi juga biar ga ketinggalan info…

2. Taun depan boleh jadi peserta lagi ga??=9

3. Buat aa teteh panitianya, makasih banget uda ngajakin IT..^^ insya Allah kerja keras aa teteh ga sia-sia, soalnya acaranya bermanfaat+berkesan banget..”

Cindya (xxx):

“Kesan IT kemaren..keren! Muhasabahnya beda dari yang sebelum-sebelumnya saya ikutin..dalem… Pesannya… semoga acara IT yang berikutnya bisa lebih baik lagi… amin…”

Ayun (UI):

“Amin. Sama2 kak. Saya juga minta maaf kalo punya salah selama IT. Saya juga bersyukur banget bisa ikut IT. Really meaningful for me. Berkesan banget d. Semoga IT taun depan bisa lebih baik lagi. Thanks”

Naima (IPB):

“IT? Unik dan menarik… Sangat bermanfaat untuk fresh graduated, member pengetahuan dan pencerahan tentang dunia kampus… Meskipun saya hanya ikut setengah acara, tapi saya telah mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru yang pastinya akan memantapkan langkah kaki saya di dunia kampus… Jazakumullah khoir untuk penyelenggaranya…”

Qi Yahya (UI):

“Kesannya bagus banget, gimana kalo buka blog ane aja? Disitu udah ane paparkan…hehe…alamatnya di qie22.wordpress.com”

6 thoughts on “INTEGRATED TRAINING 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s