refleksi


Adjie: zhar, gw mw nanya dong

azhar mujahid: monggo..

Adjie: mnurut lw gmn dgn seorang muslim yg ga mau jadi dai gara2 ngerasa belom pantes?

Adjie: trus..

Adjie: gmn kalo ada seorang muslim yang mw nyoba jadi dai walo dia sbnrnya scra kapasitas masih rendah?

Adjie: jadi masih ga stabil, tapi dia nyoba

Adjie: gmn???

azhar mujahid: mm…

azhar mujahid: setau gw,, tergantung kita memahami makna dai itu seperti apa..

azhar mujahid: jika kita memaknainya secara umum,,

azhar mujahid: ya berarti sebenarnya semua orang adalah dai,, yaitu orang yang saling mengingatkan..

azhar mujahid: mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar adalah kewajiban kita sebagai muslim..

Adjie: jadi?

azhar mujahid: tapi jika kita memaknai dai sebagai, orang yang memang memiliki tanggung jawab sebagaimana seorang ustadz, yaitu berkewajiban untuk mendakwahi umat dan sebagainya…

Adjie: hm?

azhar mujahid: maka,, hal ini sepatutnya dilakukan oleh orang yang benar-benar berilmu..

azhar mujahid: kenapa demikian??

azhar mujahid: karena, ketika seseorang telah menyebut dirinya sebagai dai(ustadz) maka dia akan menjadi public figur

azhar mujahid: banyak orang yang akan mengikutinya (dalam arti belajar kepadanya..)

azhar mujahid: Nah,, ketika itulah,,

azhar mujahid: seseorang yang belum mapan dalam ilmunya,, akan berbahaya jika sembarangan menjadi dai (ustadz)

Adjie: hmm…

azhar mujahid: karena bisa jadi ada banyak hal yang belum ia ketahui…

azhar mujahid: dan dikhawatirkan ia terjebak oleh syubhat.

azhar mujahid: dan ketika telah terjebak oleh syubhat,, syubhat itu akan tersebar ke masyarakat…

azhar mujahid: dan masyarakat akhirnya tidak tahu dengan jelas yang mana yang merupakan syariat islam dan yang mana yang bukan…

azhar mujahid: dan telah di jelaskan di dalam hadist, bahwasannya kita harus menjauhi perkara syubhat, karena perkara syubhat itu mengarah kepada keharaman

Adjie: iya ya..

Adjie: umm,,

azhar mujahid: dalilnya ada di hadist arba’ain, nomer antara 6-15 (aq lupa), 

azhar mujahid: menurut kamu gimana?

Adjie: klo kasusnya misalnya kita nih..

Adjie: karena aktif di dkm dan komunitas sejenis,,,

Adjie: kita dianggap “ustadz” sama temen2..

Adjie: tapi kita beneran ga pernah minta gitu

Adjie: bahkan cenderung menghindari

azhar mujahid: Mm.. 

Adjie: padahal kitanya ga bagus2 amat..

Adjie: gimana dong?

azhar mujahid: klo aku lebih suka klo kita disebut THOLIBUL ILMI,, yaitu penuntut ilmu.

azhar mujahid: karena seorang penuntut ilmu masih mungkin terjerumus ke dalam kesalahan dalam usahanya menuntut ilmu..

azhar mujahid: Tapi, seorang penuntut ilmu akan berusaha untuk terus belajar dan menghindari dari berbagai kesalahan dalam beragama….

azhar mujahid: aku lupa dalilnya,,

Adjie: jadi bagusnya gimana zar.. cz “image” itu justru jadi beban

azhar mujahid: karena image itu dibuat oleh orang lain,, maka hal ini tidaklah mengapa..

azhar mujahid: karena memang bukan kita yang minta..

azhar mujahid: dan hal ini memang sering terjadi…

azhar mujahid: terkadang orang yang ikut kegiatan ROHIS, langsung dicap sebagai orang yang tahu segalanya…

azhar mujahid: di kampusnya..

azhar mujahid: Nah, tapi yang terpenting adalah…

azhar mujahid: 1. kita senantiasa BERDOA, agar Alloh menjaga hati kita dari riya dan ujub 

azhar mujahid: 2. Berdoa agar dimudahkan dalam menuntut ilmu

azhar mujahid: 3. terus semangat untuk belajar…

azhar mujahid: 4. Tidak malu untuk menjawab “Saya Tidak Tahu”, karna hal ini adalah sebagian dari ilmu (ada dalilnya, tapi aku lupa..)

azhar mujahid: 5. dan klo perlu kita juga jelaskan,, bahwa kita sama dengan teman2 yang lain,, kita semua masih sama2 belajar..

azhar mujahid: wallahu’alam

Adjie: hmm…

Adjie: iya tuh,, kadang takut kita jadi berusaha lebih baik gara2 ada semacam “tuntutan” dari luar

azhar mujahid: klo setauku sih gitu…

Adjie: takut jadi ga ikhlas

azhar mujahid: nah,, itulah mengapa pahala ikhlas itu sangat besar..

azhar mujahid: karena ikhlas itu memang sulit,,

azhar mujahid: klo aku sih,, intinya kita niatkan segalanya untuk menuntut ilmu,, dan kalau kita ditanya mengapa kita menuntut ilmu..maka (mengutip perkataan seorang ulama):

azhar mujahid: yaitu untuk menghilangkan kebodohan di dalam diri kita sendiri dan kemudian kebodohan pada diri orang lain…

azhar mujahid: jujur… gw sendiri sulit,,

azhar mujahid: walaupun gw di kampus ga di image-kan seperti itu…

azhar mujahid: terkadang ada aja pikiran2 negatif ketika kita menuntut ilmu…

Adjie: jujur gw di kampus agak diimagekan kaya gitu

azhar mujahid: Oia,, ini sepengetahuanku loh…

Adjie: dan gw terbebani

azhar mujahid: sebenarnya ga masalah ketika kita di image-kan baik oleh orang lain…

azhar mujahid: karena itu berarti Alloh sayang dengan kita..

azhar mujahid: Alloh telah menutup aib-aib kita dihadapan orang banyak..

azhar mujahid: tapi saat kita merasa terbebani,, mungkin sebaiknya kita mulai intropeksi diri lagi…

azhar mujahid: untuk apa selama ini kita berdakwah… untuk apa selama ini kita menuntut ilmu…

azhar mujahid: yang jelas sabar aja beng,, bisa jadi ini cobaan buat lu…

azhar mujahid: semakin tinggi pohon,, maka semakin kencang angin yang menerpa,,

azhar mujahid: as your friend,, gw cuma bisa ngasih semangad + doa,, semoga kita senantiasa berada dalam bimbinganNya..

Adjie: amin

Adjie: syukron zhar

azhar mujahid: afwan

azhar mujahid: gw juga minta maap,, klo ada kata-kata yang menyinggung…

azhar mujahid: sebenernya gw nulis tu.. jadi merasa tersindir sendiri.. haha..

azhar mujahid: 

Adjie: yah.. nyante lah..

2 thoughts on “refleksi

  1. Ehem.. Pertama kali nih ngasih komen di blog aji

    Boleh nimbrung ya..
    Dalam da’wah, kita ga perlu takut sama image “baik”. Kita ga perlu mengejarnya dan ga usah juga menghindarinya..
    Ikhlash itu ketika pujian ataupun celaan tidak berpengaruh pada amalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s