Urgensi GDK


Himpunan mahasiswa program studi, merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan yang tergabung dalam satu keluarga besar: Keluarga Mahasiswa (KM) ITB. seperti halnya lembaga kemahasiswaan, yang secara filosofis tertulis dalam konsepsi KM ITB, maka himpunan memiliki beberapa orientasi dan tujuan mengapa ia ada. Hal ini dilengkapi lagi dengan konsepsi masing-masing himpunan, yang sangat dipengaruhi oleh karakter khas dan spesifik himpunan tersebut.

Dalam konsepsi KM-ITB, dituliskan bahwa salah satu tujuan adanya himpunan adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk dapat menjamin pembelajaran yang utuh bagi dirinya sendiri dalam lingkungan akademis ini (kampus). Singkat kata, himpunan memiliki fungsi EDUKASI bagi para anggotanya. maka idealnya, setiap mahasiswa yang masuk ke dalam himpunan, haruslah mengalami peningkatan kualitas diri sesuai dengan profil yang diinginkan oleh himpunan tersebut. Begitu juga dengan MTI, karena MTI merupakan salah satu himpunan mahasiswa di ITB, maka MTI memiliki dasar-dasar yang terkait dengan konsepsi di atas.

Oleh karena itulah, kita (MTI) membutuhkan suatu pedoman yang mampu mendefinisikan profil-profil apa saja yang harus dicapai oleh setiap anggotanya. Profil-profil tersebut haruslah mencakup semua elemen dan dipandang dari berbagai sudut pandang, misalnya: konsepsi KM-ITB, konsepsi MTI, profil sarjana TI, dll. Maka disusunlah sebuah Grand Design Kaderisasi, yang secara umum menyangkut profil kader MTI, penjenjangannya, teknis pelaksanaannya, serta arahan materi serta metodanya.

GDK ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh seluruh anggota MTI, agar setiap anggota dapat terpacu untuk mengamalkannya, minimal untuk dirinya sendiri.
Hingga sampai saat ini, perkembangan GDK MTI sudah mengalami kemajuan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. saat ini telah tersusun draft revisi GDK yang telah disesuaikan dengan kondisi MTI saat ini, sehingga menjadi relevan untuk diterapkan. GDK ini diharapkan dapat rampung dan disahkan saat RA akhir kepengurusan nanti. Selanjutnya, GDK baru diharapkan dapat menjadi arahan bagi berjalannya kaderisasi di kepengurusan ke depan.

Mohon partisipasi seluruh massa dalam pembahasannya. karena bagi MTI yang berkarakter dinamis, sehatnya alur kaderisasi merupakan salah satu kunci perkembangan organisasi.

~kaderisasi yang lebih baik. untuk MTI yang lebih baik~

by: Adjie (13407133) – PJ revisi GDK MTI

3 thoughts on “Urgensi GDK

  1. ada satu konsep yang ingin saya tawarkan pada himpunan….
    seperti sebuah negara yang memiliki duta besar dan perwakilan di PBB untuk mewujudkan suatu tujuan perdamaian dan cita-cita bangsa2 di dunia

    saya hanya berpikir bagaimana bila itu juga diterapkan di dalam kampus…..semacam duta MTI untuk LSS…atau mungkin untuk lebih mengeratkan hubungan kemahasiswaan…tiap himpunan mempunyai duta besarnya untuk selalu berkomunikasi dengan himpunan lain,,,,

    sudah saatnya kita harus saling bergantung pada orang lain, tepo seliro, andhap asor, ngajeni wong liyan…..bukan saling menyerang dan bermusuhan.

    saya hanya berpendapat jika suatu saat nanti osjur itu dapat digantikan dengan pertukaran duta besar masing2 himpunan untuk lebih mengenalkan him-nya dari luar dan sebagai duta persahabatan antar himp.

    semoga KM tetap jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s