[GAMAIS 2010] Aku Ingin…


Aku ingin seperti Khalid bin Walid. Yang selalu berjuang dengan gigih ketika menjadi panglima, yang tidak pernah kalah dalam setiap peperangan yang digelutinya, yang dijuluki pedang Allah yang terhunus. Aku ingin seperti itu, dan ingin seperti Khalid bin Walid, yang ketika tidak lagi menjadi panglima mampu tetap menjaga semangat dan etosnya, yang merasa lega karena ia dapat menjemput syahid dengan tenang karena tidak terbebani oleh tanggung jawabnya untuk memenangkan perang bersama pasukannya, yang di kala menjadi panglima ia mampu menggunakan 7 bilah pedang, dan bahkan saat tidak menjadi panglima menjadi 9 bilah pedang dalam sekali peperangan. Aku.. ingin seperti Khalid bin Walid, yang berfokus pada karya dan kontribusi, bukan pada posisi.

Aku ingin seperti Umar bin Abdul Aziz. Yang selalu khawatir dengan kapasitasnya menjadi khalifah, namun mampu membuktikan performanya dengan karya nyata. Yang menjemput amanah dengan kekhawatiran yang teramat sangat, namun menjalaninya dengan kesungguhan, memberikan diri dan seluruh yang dimilikinya untuk dakwah. Hingga hanya dalam 2,5 tahun masa kepemimpinannya, ia mampu mewujudkan kesejahteraan bagi rakyatnya. Aku.. ingin seperti Umar bin Abdul Aziz, yang selalu khawatir akan kapabilitas diri, namun mampu membuktikan performanya dengan karya nyata.

Aku ingin seperti Muhammad Al Fatih. Yang berfokus pada kesempurnaan, terobsesi oleh mimpi dan karya besarnya, termotivasi karena harapannya menjadi panglima terbaik penakluk Konstatinopel. Aku ingin berfokus untuk bertumbuh dan berkembang, untuk menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. Karena Allah menciptakan surga bertingkat-tingkat, maka raihlah tingkatan surga yang tertinggi. Aku ingin seperti Muhammad Al-Fatih, yang berfokus pada kesempurnaan, untuk menjadi yang terbaik di mata Allah swt.

Sungguh amanah itu sangat berat. mengembannya seperti menggenggam bara api. namun menghindar darinya dengan mengecilkan kapasitas diri bukanlah pilihan yang bijak. menjauhi dan menolaknya karena merasa tidak cukup pantas adalah tidak tepat, karena Allah lah yang Maha Tahu kemampuan kita. Dan Allah juga yang menganugerahkan kekuatan-Nya kepada kita dalam mengemban amanah itu.

Amanah bukanlah jenjang karir, bukanlah prestasi, apalagi gengsi. Amanah adalah tarbiyah dari Allah, merupakan kesempatan yang diberikan Allah bagi kita untuk berkarya sebanyak-banyaknya, agar memberikan arti dalam keberadaan kita di dunia ini. Amanah adalah tarbiyah dan cobaan Allah, merupakan tanda kecintaan Allah bagi para hambaNya.

Sungguh memperbaiki diri terus-menerus merupakan kewajiban kita. mempersiapkan diri untuk siap mengemban amanah apapun merupakan keharusan kita. Sampai Allah yang akan menetapkan takdir terbaikNya bagi kita..

Aku.. ingin mengesampingkan rupa, dan berfokus pada makna
Aku.. ingin mengesampingkan kata, dan berfokus pada karya

ya Rabb karuniakanlah ikhlas kepada hati ini.. amiinn..

One thought on “[GAMAIS 2010] Aku Ingin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s