[GAMAIS 2010] Sektor Eksternal : Optimalisasi Kekuatan Jaringan


Humas

Saat ini, dunia sudah beralih dari era teknologi ke era jaringan (networking). Begitu juga dengan GAMAIS, salah satu potensi dari GAMAIS merupakan kekuatan jaringan yang luas. Hal ini juga dipengaruhi oleh title “ITB” di belakang GAMAIS yang kita sandang. Kelebihan tersebut sudah seharusnya mampu kita optimalkan sebagai wujud dari rasa syukur kita akan potensi yang Allah titipkan.

Humas dalam hal ini berperan penting dalam membangun jaringan dengan stakeholder eksternal dan internal secara berkala, jaringan ini mencakup jaringan alumni, sponsor, tokoh public, media massa, birokrasi kampus, dan tokoh kampus. Humas berperan dalam membangun, mengoptimalkan, dan menjaga hubungan dengan seluruh stakeholder tersebut.

Saya berharap departemen humas dapat menjalin hubungan yang baik dengan rektorat sehingga posisi GAMAIS dalam hal birokrasi menjadi lebih kuat dan mudah dalam operasionalnya. Humas juga berperan sangat penting sebagai agen lembaga yang berhubungan dengan pihak luar. Image lembaga akan sangat ditentukan oleh keterampilan departemen ini dalam menjalankan fungsinya.

Humas sebaiknya juga memiliki database stakeholder, baik alumni, tokoh public, media massa, birokrasi kampus, dan tokoh kampus. Dengan database itu, kita dapat mengetahui potensi yang mereka miliki dan mempermudah kita dalam melakukan maintenance jaringan.

Kekuatan syiar “strategis” yaitu syiar kepada elit organisasi di kampus juga berada pada kompetensi humas dalam menjalankan fungsinya. Saya berharap dengan usaha upgrading kader dan program yang terencana, seluruh ketua himpunan dan unit akan merasa “dekat” dengan GAMAIS sehingga hubungan kerjasama dan kolaborasi lebih lanjut dapat dijalankan dengan mudah. Lebih jauh lagi, saya berharap agar humas juga berperan aktif dalam melakukan fungsi syiar GAMAIS kepada seluruh stakeholdernya.

FSLDK

Peran GAMAIS di dakwah nasional sangat penting dengan perannya sebagai penanggungjawab PMLDK. Pada tahun 2010 ini juga terdapat momentum FS-Nas yang perlu kita optimalkan sebagai sarana akselerasi dakwah kampus nasional. Peran GAMAIS di Bandung juga sangat penting dalam pembinaan LDK. Peran ini sebaiknya dioptimalkan dengan membuat standar kerja yang stabil.

Talim Antar Negara merupakan momentum yang sangat baik untuk menapak lebih kuat di ranah dakwah kampus internasional. Saya berharap kapasitas talim antar negara ini bisa lebih luas dan lebih besar lagi, karena hal ini merupakan suatu acara yang besar dan dapat menarik perhatian massa.

One thought on “[GAMAIS 2010] Sektor Eksternal : Optimalisasi Kekuatan Jaringan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s