Ad Hominem


Mass marketing is dying…
Vertical marketing is dying…
C2C (cutomer to customer) marketing is rising!!!

– Yuswohadi. pakar marketing

————

the world is flat. dunia sudah menjadi datar. pola komunikasi vertikal menjadi terlindas oleh zamannya komunikasi horizontal. your customer is not your king anymore. you can make them your salesman, your marketing team —of course, without any salary—

how come?

perkembangan teknologi komunikasi begitu cepat dan dahsyat. bagi beberapa orang ini sangat menakutkan dan mengkhawatirkan. mereka yang akan tergilas putaran roda zaman ini adalah mereka yang tidak ingin keluar dari zona nyaman mereka. yang selalu ingin berada dalam status quo mereka.

dulu memang eranya monopoli. hanya orang-orang bermodal besar yang mampu menguasai pasar. namun sekarang? siapapun bisa menjadi perusahaan. yap, benar. pribadi sebagai perusahaan. tidak sulit bagi seseorang untuk memproduksi software sekarang ini. jika ada ide, perangkat komputer rumahan sudah cukup untuk menginisiasinya. distribusi? jangan khawatir, teknologi internet memungkinkan kita memasarkan produk kita di seluruh dunia dengan biaya rendah, bahkan costless.

itulah mengapa saat ini pasar-pasar besar mulai tergerus dengan pasar-pasar nieche (kecil) yang konsisten dengan inovasi, kreativitas, dan keunikan yang dimiliki. oke, lebih mudahnya, saat ini, berapa banyak distro di kota bandung? ia memiliki karakter dan keunikan yang tidak dimiliki pasar besar. ia mampu memasarkan dengan mudah. dan biasanya, kekuatan jalinan konsumen dengan produsen cenderung lebih kuat. konsumen menjadi kekuatannya. ya, benar, kekuatan mereka.

melalui marketing mulut ke mulut, keunikan yang dimiliki akan dengan cepat menyebar.

maka hikmahnya,,
treat your customer as a member, dan buat mereka dengan sukarela mengabarkan produk anda pada teman-temannya yang lain.
personalisasi produk (penyesuaian produk sedekat mungkin dengan keinginan individu) menjadi semakin penting, karena menurut salah satu pakar marketing, manusia bumi sekarang telah menjadi “manusia venus” yang emosional. mereka sangat mementingkan keinginan pribadinya dan sangat menghargai pemenuhan atas kebutuhan keunikan pribadi.

***

begitulah kira-kira. so, apa yang bisa kita manfaatkan untuk dakwah?

percayalah islam adalah produk terbaik. kemampuan kita dalam mengemas dan mendeliver sesuai dengan kebutuhan (personalisasi produk) menjadi penting agar siapapun menerima produk ini dengan senang hati, bahkan menunggu-nunggu launching produk setiap waktunya.
dan pola pemasaran treat your customer as your seller pun dapat diaplikasikan. jadikan kader-kader kita sebagai agen dakwah. kelompok mentoring kita sebagai agen dakwah. teman-teman kita sebagai agen dakwah. caranya? treat them as a member.

keep inspiring!^^


Rd. Adjie Wicaksana
Teknik Industri ITB 2007
Kepala Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB 2010
mobile phone: (+62) 0818143540
email: obenk_10089@yahoo.com; adjie.wicaksana@gmail.com
https://adjiewicaksana.wordpress.com
“Road to Great GAMAIS ITB 2010”

2 thoughts on “Ad Hominem

  1. yes, ‘the world is flat’

    dan disaat semua orang terjangkiti oleh epidemi yang oleh Thomas L Friedman sendiri disebut dengan ‘Affluenza’ maka, akan timbul konsekuensi dimana manusia dalam menyiasati kebutuhan hidupnya yang telah semakin termodernisasi menjadi membutuhkan lebih banyak energi..
    selama teknologi yang diterapkan masih bergantung kepada energi tak-terbarukan, maka anda kalkulasikan sendiri, sampai dimana daya dukung bumi ini memenuhi permintaan pasokan terhadap energi….

    bumi kita telah tua, ia lelah, hingga kita tidak hanya menemukan, tapi sampai masuk ke dalam tataran pengaplikasian,teknologi alternatif, yang lebih ramah terhadap bumi kita, yang kita cintai dan mencintai kita….

    sudah saatnya untuk tidak hanya menganggap bumihanya sebagai komoditas, sumber daya alam…
    akan tetapi mulilah menganggapnya menjadi sesuatu yang lebih berharga dari itu, sesuatu yang dititipkan oleh Allah kepada manusia untuk memanfaatkan sekaligus menjaganya…

    -seorang ekolog-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s