Strategi LDK untuk Momen PMB [seri program]


Berdasarkan pembahasan sebelumnya, pada seri pengantar, telah jelas bahwa masa PMB merupakan momentum yang sangat baik dan harus dioptimalkan. Semua keutamaan dalam pencitraan dan rekrutmen tentu saja harus diramu dengan baik, sehingga terimplementasikan dalam bentuk acara dan program.
Untuk itu, kreativitas dan inovasi dari sebuah LDK benar-benar dituntut pada masa Penyambutan Mahasiswa Baru ini, agar LDK dapat benar-benar terlihat di mata mahasiswa baru. Berikut merupakan beberapa alternative agenda yang dapat diaplikasikan dalam sebuah rangkaian penyambutan mahasiswa baru:

GAMAIS on the Spot

Merupakan satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh GAMAIS, berupa sebuah posko pelayanan informasi. GAMAIS on the Spot merupakan salah satu cara dari GAMAIS untuk dapat melayani mahasiswa baru secara langsung dan intensif. Pada posko ini, terdapat berbagai macam informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa baru, seperti peta kampus, tempat kos-kosan, tempat fotokopi, konsultasi tentang akademik, buku-buku second hand, dan lain sebagainya.

GAMAIS on the Spot ini mulai diadakan sejak masa pendaftaran ulang mahasiswa baru, dengan tujuan, agar GAMAIS dapat menjadi garda terdepan yang pertama kali memberikan sentuhan kenyamanan dan kehangatan bagi mahasiswa baru.

OHU dan Pawai unit

Open House Unit dan Pawai Unit merupakan suatu bentuk kegiatan untuk mempromosikan unit kegiatan mahasiswa kepada para mahasiswa baru. Kegiatan ini sangat krusial, karena kita akan “bersaing” untuk dapat menjadi unit yang dapat “menarik” perhatian dan minat para mahasiswa baru. Open House Unit ini biasanya dilakukan secara serentak, dan setiap unit diberikan “lahan”/ stand untuk menunjukkan dan mempromosikan unitnya, termasuk juga mengajak mahasiswa baru untuk mendaftar sebagai anggota. Kelihaian sebuah LDK dalam mendekorasi stand serta menyajikan penampilan yang menarik, adalah kunci keberhasilan pemanfaatan sarana OHU dan pawai unit ini dalam rangka rekrutmen kader baru.

CD dan Booklet

Selama beberapa tahun terakhir, GAMAIS selalu memberikan paket CD dan booklet secara gratis kepada mahasiswa baru. Tidak kurang sejumlah 1500 CD dan booklet diberikan secara gratis sebagai salah satu bentuk pelayanan dari GAMAIS kepada para mahasiswa baru.

CD dan booklet ini berisi tentang berbagai macam hal, dari mulai tentang kampus ITB, tentang GAMAIS, tentang Bandung, terdapat juga e-book islami, file-file tips menjadi mahasiswa, peta ITB, sambutan kepala GAMAIS, dan lain sebagainya. Sederhananya, melalui CD dan booklet ini, harapannya semua pertanyaan umum dari mahasiswa baru dapat terjawab, sehingga akan sangat membantu mereka dalam beradaptasi di dunia kampus yang baru ini.

Pelayanan Shalat saat OSKM

Pelayanan shalat merupakan salah satu bentuk pelayanan utama yang selalu dilakukan GAMAIS setiap tahunnya. Bekerja sama dengan panitia OSKM (ospek kampus), GAMAIS menjadi pemeran utama dalam pengondisian dan pelayanan shalat. Biasanya, setelah shalat juga kami memasukkan sesi mentoring untuk memperkenalkan GAMAIS dan kader-kadernya. Ini merupakan salah satu sarana yang sangat efektif untuk berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa baru secara massif.

Mentoring saat OSKM

Seperti penjelasan di atas, mentoring saat OSKM ini kami usahakan untuk menjadi sebuah “oase” yang menyegarkan dan menyejukkan di sela-sela keletihan menjalani OSKM. Kader diharapkan dapat menentramkan para mahasiswa baru dengan senyumannya yang menyenangkan dan tatapannya yang teduh.🙂

Talim akbar dan pengenalan masjid kampus

Talim akbar di masjid kampus dapat jadi salah satu program PMB yang sangat baik, dimana seluruh mahasiswa muslim satu angkatan dipertemukan di masjid kampus untuk mengikuti kajian/ talim bersama. Dengan pengemasan acara yang menarik dan bermanfaat, program ini dapat memberikan pencitraan yang baik terhadap LDK, masjid kampus, dan sekaligus dapat menjadi sarana konsolidasi muslim satu angkatan. Alangkah lebih baik jika program ini merupakan program yang secara formal menjadi bagian dari proses OSKM dari kampus/ rektorat.

Training Motivasi

Training motivasi dapat menjadi alternative kegiatan yang cukup diminati oleh mahasiswa baru. Memberikan inspirasi dan motivasi kepada mereka untuk dapat menjadi mahasiswa yang baik, dapat sukses dan berprestasi di kampus, dan meningkatkan lagi semangat mereka dalam menjalani kehidupan kampus yang baru akan mereka lalui.

Propaganda

Pensuasanaan secara massif melalui publikasi dan propaganda, baik online maupun offline merupakan dimensi yang penting untuk memberikan pencitraan terhadap sebuah LDK dan terhadap kondisi kampus. Pamflet, poster, leaflet, baligho, message di facebook, dan lain sebagainya dapat menjadi beberapa alternative dalam melakukan pensuasanaan public tersebut. Misalnya saja, saat mahasiswa baru masuk kampus, terdapat baligho dan spanduk yang bertuliskan “Selamat Datang Putra-Putri Terbaik Bangsa di Kampus ITB yang Islami”. Atau baligho yang menunjukkan list nama dan prestasi menonjol dari kader-kader LDK beserta fotonya. Hal-hal yang –mungkin- terkesan kecil ini, sebenarnya dapat berdampak besar bagi image dan persepsi mahasiswa baru.

Mentoring goes to campus

Apakah permentoringan di kampus Anda selalu berpusat di masjid kampus? Jika ya, apa yang akan terjadi jika pada suatu ketika, permentoringan ini dimobilisasi ke dalam lingkungan kampus? Mungkin pusat kegiatan mahasiswa misalnya? Pasti pensuasanaan ini benar-benar dapat tercapai. Mentoring akan dianggap hal yang biasa, atau bahkan menjadi budaya. Sekali lagi, ini sangat baik bagi persepsi mahasiswa baru terhadap pembinaan agama yang paling efektif ini.

Tasyakuran Akbar

Acara semacam tasyakuran akbar, atau muhasabah bersama di awal semester merupakan alternative yang baik untuk beberapa kondisi kampus. Menyentuh sisi-sisi emosional dan spiritual melalui kegiatan ini, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan awareness mahasiswa baru dalam mendalami dan mempelajari agamanya selama berada di kampus.

Stadium General/ Talkshow

Program stadium general atau talkshow yang mengundang tokoh atau mahasiswa berprestasi juga dapat menjadi alternative yang menarik bagi mahasiswa baru. Belajar dari alumni yang sukses, kader yang berpredikat mahasiswa berprestasi, atau kader yang berhasil dalam bisnis walau dalam masa kuliah. Hal-hal tersebut akan sangat memberikan inspirasi bagi mahasiswa baru untuk dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi.

3 thoughts on “Strategi LDK untuk Momen PMB [seri program]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s