Strategi LDK untuk Momen PMB [seri branding LDK]


Saat ini, GAMAIS ITB misalnya, dengan beberapa analisis kondisi terhadap objek dakwah TPB 2010, berusaha mencitrakan lembaganya dengan citra lembaga yang terdepan dalam pengembangan diri, prestatif, islami, serta nyaman dan hangat.

Image lembaga pengembangan karakter menjadi sangat penting, mengingat untuk saat ini, angkatan TPB tidak memiliki wadah aktualisasi diri selain unit kegiatan mahasiswa, karena mereka belum tergabung dalam himpunan mahasiswa jurusan. Oleh karena itu, unit kegiatan mahasiswa memiliki peranan penting untuk memfasilitasi pengembangan dan aktualisasi diri ini. GAMAIS ITB diharapkan dapat memiliki image lembaga yang terdepan dalam mengaktualiasasi diri, membentuk seorang mahasiswa yang komperhensif: memiliki spiritual yang terjaga, akademik yang baik, softskill yang handal, skill organisasi yang hebat, network yang luas, dan pengalaman yang beragam. Hal ini dapat menarik minat mahasiswa-mahasiswa yang haus akan pengalaman dan pembelajaran.

Untuk menunjang image ini, kita dapat menelurkannya dalam berbagai cara, dari mulai membuat acara talkshow, training, tutorial, sampai dengan propaganda dan publikasi yang menguatkan terbentuknya citra ini. GAMAIS ITB juga dapat memunculkan sisi besarnya ruang lingkup LDK, karena saat mereka beraktivitas di sini, mereka dapat beraktivitas tidak hanya di kampus, tapi juga di level nasional bahkan internasional.

Image lembaga yang prestatif juga sangat cocok khususnya untuk menjangkau teman-teman yang haus akan prestasi. Pada kasus ini, GAMAIS ITB harus mampu menonjolkan sisi prestasi para kader yang dimiliki LDK. Prestasi kader LDK yang dimunculkan dapat berasal dari berbagai dimensi, mulai akademik (peraih ganesha prize, mahasiswa berprestasi, lomba taraf nasional-internasional, dll), organisasi (kader LDK yang menjadi ketua unit, ketua himpunan, presiden BEM, dll), dan prestasi keagamaan (prestasi murattal, hafidzh, atau lomba-lomba keagamaan lainnya). Dengan cara pemunculan prestasi-prestasi kader ini, image LDK akan terangkat sebagai lembaga yang mampu mengantarkan kader-kadernya menuju prestasi yang luar biasa.

Image Lembaga yang Islami sepertinya sudah sangat jelas. Sebagian besar mahasiswa yang tertarik untuk masuk unit agama, memiliki motivasi untuk dapat belajar agama lebih banyak, mendapatkan komunitas yang kondusif untuk pengembangan kepribadiannya, saling mengingatkan, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, citra GAMAIS ITB sebagai lembaga yang islami dan mampu memfasilitasi anggotanya dari pembinaan keislaman tetap harus ditonjolkan.

Terakhir, adalah Lembaga yang hangat dan nyaman. GAMAIS ITB memiliki slogan “Karena Kita Keluarga”. Pada slogan ini pada dasarnya jelas, bahwa GAMAIS ITB berupaya untuk menjadi Keluarga Kedua bagi setiap kadernya. Bahkan keluarga pertama untuk di kalangan kampus. Karena insya Allah, inilah komunitas terbaik, yang didalamnya kita saling mengingatkan karena Allah, saling menyebut dan membacakan ayat-ayat Allah, dan saling bekerja sama untuk mengeakkan nilai-nilai islam di bumi Allah. Inilah keluarga terbaik mereka di kampus. Dimana mereka akan merasakan kenyamanan, dan kehangatan kekeluargaan. Hal ini menjadi sangat penting, terlebih lagi bagi teman-teman yang berasal dari lokasi yang jauh dari orang tua dan keluarga kandungnya. Dengan citra seperti ini, GAMAIS ITB akan mampu menjadi wadah bagi teman-teman yang merindukan suasana kekeluargaan di dalamnya.

Begitulah, 4 citra lembaga itu kita bahasakan dan kita sampaikan melalui program, tema, materi, acara, dan atau propaganda. Sehingga mahasiswa baru benar-benar memvisualisasikan GAMAIS ITB seperti apa yang kita inginkan.

Namun perlu dicatat bahwa pembentukan image ini harus sesuai dengan kenyataan, dan “pas” dengan ekspektasi mahasiswa baru. Dengan begitu, pencitraan akan efektif dalam melahirkan minat para mahasiswa baru untuk berpartisipasi dalam LDK kita. Pencitraan juga sebaiknya focus, tidak terlalu banyak. Empat citra yang ditonjolkan menurut saya merupakan jumlah maksimal untuk sebuah pencitraan lembaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s