Strategi LDK untuk Momen PMB [seri optimalisasi dana usaha]


“Barangsiapa yg bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yg tiada disangka-sangkanya.”

Paradigma tentang dana –khususnya bagi LDK-, harus segera diubah, dari “menyiasati keterbatasan” kepada “menciptakan keberlimpahan”. Karena pada dasarnya, bukan tidak mungkin (atau sangat sangat mungkin terjadi) bahwa LDK memiliki dana yang berlimpah untuk menunjang aktivitas dakwahnya. Memiliki pemasukan yang lebih besar dari pengeluarannya, sehingga dana yang dimiliki dapat disalurkan menjadi kebermanfaatan yang jauh-jauh lebih besar.

Terdapat banyak cara dalam kita menghimpun dan mendapatkan dana untuk menjalankan program dakwah: dari mulai usaha mandiri, membuat suatu bentuk unit bisnis yang menjadi asset, menghimpun donasi, berinvestasi syariah, dan lain sebagainya.

Namun untuk pembahasan kali ini, saya akan mencoba memaparkan tentang bagaimana LDK dapat memaksimalkan potensi momentum Penerimaan Mahasiswa Baru sebagai lumbung pemasukan dana yang besar. Setiap tahun, kampus kita selalu kedatangan “penduduk baru”, yaitu mahasiswa baru. Seperti pada umumnya penduduk baru, mereka selalu memiliki banyak kebutuhan baru yang harus dipenuhi. Maka jika kita jeli, hal ini merupakan kesempatan besar untuk kita memberikan pelayanan sekaligus mendapatkan keuntungan/ profit dari kondisi tersebut.

Optimalisasi momentum ini akan sangat bergantung kepada kondisi dan kultur setiap kampus, karena karakteristik mahasiswa dan pola akademik akan sangat mempengaruhi kebutuhan setiap mahasiswanya. Maka pada kali ini, kami akan mencoba memberikan beberapa alternative program usaha yang biasa diterapkan di GAMAIS ITB dan beberapa kampus lain, dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi sahabat-sahabat semua dalam mengembangkan program yang paling tepat sesuai kondisi kampus masing-masing. GAMAIS ITB sendiri memiliki program terkait hal ini yang bernama PASS TPB, dan program ini pernah meraup omzet sebesar 120 juta rupiah dengan pemasukan bersih sekitar 40 juta rupiah. Menarik bukan? J

Berikut beberapa contoh program yang dapat dilakukan sebagai bentuk dana usaha terkait optimalisasi momentum PMB:

Pemenuhan “identitas”

  • Penyediaan jaket angkatan
  • Penyediaan kaos fakultas/ kampus/ jurusan
  • Penyediaan souvenir lain seperti pin, stiker, gantungan kunci, mug, dll
  • Penyediaan paket oleh-oleh

Penyediaan Perlengkapan Kuliah

  • Penyediaan Bundel Soal
  • Penyediaan laptop baru
  • Penyediaan flashdisk
  • Penyediaan tas, buku kuliah, dll

Penyediaan kebutuhan lain

  • Penyediaan kos-kosan
  • Penyediaan fasilitas bimbel/ tutorial
  • Training menjadi mahasiswa sukses

Beberapa program di atas akan menjadi pelayanan sekaligus juga memberikan profit bagi LDK. Dua keuntungan sekaligus dalam satu kegiatan optimalisasi PMB. So, ayo siapkan tim kita sejak sekarang, dan jadilah garda terdepan dalam pelayanan dan pemenuhan kebutuhan adik-adik kita mahasiswa baru!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s