.. allein ..


tahukah kamu bahwa ada sebagian orang yang lebih nyaman saat urusannya tidak diketahui? bahwa ukiran-ukiran prestasinya tidak digubris? yang karya-karya fenomenalnya sengaja dipendam, menunggu waktu tak teredam?

menurutnya itu akan nyaman bagi dirinya, lebih aman bagi hatinya, dan lebih leluasa bagi pikirannya.

ia tidak ingin dikenal, namun bukan berarti ingin sembunyi. ia tidak ingin dielu, namun bukan berarti tidak ingin dicontoh.

karena baginya jejak-jejak pribadi adalah pelajaran sejarah dalam membangun peradaban. ia paham bahwa arti dirinya bagi perjalanan zaman adalah seberapa kuat tapak jejaknya meninggalkan bekas bagi renik-renik kafilah peradaban.

ia tahu hal itu namun entah kenapa ia masih ingin menunggu. karena ia yakin akan ada saat dimana tabir terungkap. atau setidaknya, akan tiba masa entah bagaimana caranya jejak-jejak itu dirasakan, walau tanpa nama peninggal jejak.

ikhlas memang sesuatu yang sangat rumit dan kompleks. ia tidak menggubris keridhoan manusia selain ridho Allah. ia khawatir akan dirinya dan itu pula salah satu tanda keikhlasannya.

dan bagi orang-orang itu, seringkali dibalik kerumunan manusia di sekelilingnya, akan ada beberapa orang yang sangat dekat mengenalnya. berbagi seluruh cerita dengannya. mengetahui seluruh seluk beluk dirinya. dan berbagi isi hati dengannya. ia dekat dan sangat dekat. percaya dengan seluruh hatinya.

dan mungkin, akan membantu menyembunyikan segala yang dilakukannya, dengan harapan dapat mengungkap tepat pada waktunya.

*terinspirasi dari banyak riwayat menggetarkan. tentang amalan yang sembunyi-sembunyi. tentang Rasulullah yang menyuapi seorang tua yahudi. hingga jejak itu berakhir pada hidayah, bahkan setelah Rasul telah tiada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s