.. the conqueror ..


Ketika Umar bin Al Khathab baru saja dibaiat (dilantik) menjadi khalifah, tak henti-hentinya dia memikirkan masalah umat islam sehingga malamnya dia tidak bisa tidur. Dia pun melaksanakan shalat malam, tetapi pikirannya tetap saja tidak bisa khusyuk. Bayangan-bayangan tentang berbagai masalah umat datang silih berganti di benaknya. Umar menangis.

Umar memiliki kebiasaan untuk turun langsung melihat kondisi rakyatnya. saat siang hari ia berkeliling pasar, malamnya ia melakukan ronda untuk mengetahui kondisi aktual rakyatnya. Ia begitu merasa bertanggung jawab atas setiap kejadian yang terjadi di daerah kekuasaannya. Bahkan kepada seekor ternak yang terjerumus sekalipun.

Ia pun tidak segan untuk melakukan hal-hal yang mungkin dianggap “remeh” oleh orang lain. Pernah dikisahkan, suatu ketika Ali melihat Umar berlari cepat, Ali bertanya, “Mau ke mana ya Amirul Mukminin?”. Umar menjawab, “Ada unta sedekah yang hilang, aku berlari untuk mengejarnya”. Ali berkata kepada Umar, “Engkau telah membuat orang-orang setelahmu kesulitan mengikuti keteladananmu!”. Umar menjawab, “Demi Allah, kalau saja ada binatang yang terjatuh di daerah kekuasaan Islam, walaupun daerah itu sangat jauh maka di akhirat nanti Umar akan disiksa karena hal itu”.

Umar biasa membacakan surat Yusuf ketika menjadi imam shalat shubuh. Dia pun menangis tatkala sampai pada ayat, “Sesungguhnya, hanyalah kepada Allah Aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku dan Aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya” (QS Yusuf ayat 86)

Subhanallah, begitulah sosok Umar, sang pemimpin umat. yang pada zaman kekhalifahannya, ekspansi negara Islam menjadi sangat luas dan mampu menjadi kekuatan baru di dunia.

Itulah Umar, yang memiliki kelembutan yang luar biasa, dan ketegasan yang disegani siapapun.

Subhanallah…

begitulah Umar, lalu bagaimana dengan kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s