.. libur lebaran #1 ..


10 September 2010

Oke, bersilaturahim memang benar-benar bisa membuka wawasan dan memberikan sudut pandang baru mengenai berbagai macam hal. Dan di Ramadhan kali ini, dengan budaya Indonesia yang saling mengunjungi kerabat saat Idul Fitri, tentu saja memberikan banyak pengalaman, hikmah, dan pembelajaran baru untuk dipetik.

Pelajaran #1

ketemu dengan saudara yang ada di Bandung juga cuma memang jarang banget ketemu. Beliau angkatan 2010, karena kemarin belum diberi kesempatan untuk lolos SPMB, akhirnya beliau training dulu di sebuah hotel untuk bisa kerja di sana.

Oke, intinya, setelah ngalor-ngidul ngomongin banyak hal, tibalah kami pada percakapan tentang shalat jumat. Dan beliau ternyata terbiasa shalat jumat di salman. Heran juga kok bisa ga pernah ketemu ya?

Beliau menuturkan seperti ini, “enak banget shalat jumat di salman. Pokoknya nyaman banget deh, khotbahnya. Dan rasanya adem banget (hati) kalo shalat di salman. Makanya aku lumayan sering jumatan di salman”. Kakak saya menimpali, “oh, gitu ya? Kalo temen-temen saya justru pada ga suka shalat di salman. Katanya khotbahnya kelamaan..”. beliau dengan enteng menjawab, “ah ga mikir mereka mah (padahal kalo mau dirasain sebenernya enak banget-red)”

Wew, kaget juga dengan jawaban ‘ga mikir mereka mah’. Terkesan cukup kasar.. tapi, coba deh, itu bener2 asli dari dalem hati dan ga pake mikir dulu. Alias spontan. Dan kalo coba dipikir-pikir lagi, bener juga ya. Banyak yang pengen datang ke salman untuk merasakan suasananya, saat kemarin itikaf pun beberapa peserta sengaja datang dari tempat yang jauh untuk hadir di masjid salman. Lho kok banyak anak itb nya sendiri yang ga nyadarin itu ya? Cuma karena “lama” saat khotbah shalat jumat, atau “lama” saat bacaan tarawih..

Hmm,, ini jadi tamparan buat saya.. untuk lebih peka dalam merasa dan lebih mampu bersyukur dengan segala kenikmatan yang diberikan Allah.

Jadi terpikirkan, gimana kalo mahasiswa itb benar-benar memanfaatkan masjid kampus salman itb sebagai pusat peradaban.. hmm,, pasti keren..

“maka nikmat Tuhanmu yang mana kah yang kamu Dustakan?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s