.. libur lebaran #2 ..


baiklah, ini pelajaran #2

Bertemu dan berbincang dengan berbagai macam saudara, melintasi berbagai sisi bumi Allah, dan menyaksikan berbagai kondisi dan situasi, membuat saya semakin menyadari: tanggung jawab ini memang sangat berat.

Tanggung jawab apa? Tanggung jawab mahasiswa itb sebagai salah satu anak terbaik bangsa (pasti ingat dengan spanduk “selamat datang” yang berakhiran “putra-putri terbaik bangsa” kan?). Hm, awalnya pun saya hanya menganggap ini jargon yang memang mungkin benar (dasar arogan -_-), tapi ya sebatas itu aja. tidak memiliki esensi yang lebih jauh daripada itu. Padahal, pulang ke daerah membuat saya menyadari, bahwa jargon itu membawa TANGGUNG JAWAB yang begitu besar.

Menjadi anak terbaik bangsa, bukan berarti prestise (semata-red), tapi sebenarnya lebih mengandung konsekuensi, apa kontribusi terbaik untuk bangsa yang dapat kau berikan? Ah, sulit dan agak berat untuk mengutarakannya lebih lanjut. Intinya, tanggung jawab kita sangat sangat besar. Tolong sadarilah wahai diri..

Maka masih pantaskah kita hanya memikirkan diri kita sendiri di saat banyak orang di luar sana membutuhkan pertolongan? Masih layakkah kita memikirkan berapa gaji yang dapat kita terima di saat banyak orang yang masih bingung bagaimana mendapatkan pekerjaan dan pendapatan? Tegakah kita untuk berkata apa yang saya raih di itb adalah hak saya dan saya memiliki hak untuk memikirkan hidup saya sendiri, dikala.. berjuta rakyat menanti tanganmu..?

Ya Rabb, jadikanlah hamba seorang yang amanah.. mampu mensyukuri nikmat-Mu dengan cara berbuat lebih banyak untuk orang lain. Amin..

Leave a Reply

