.. kontribusi terbaik ..


hmm,, aku sedang memikirkan tentang suatu pertanyaan yang sampai kepadaku dan menjadi terbayang-bayang terus:

“saya harus jadi apa sebaiknya?”

“maksudnya?”

“hmm, saya sedang memikirkan tentang masa depan saya. ingin menentukan hendak jadi apa saya nanti yang sekiranya dapat menjadi kontribusi terbaik saya dalam hidup ini sebagai persembahan terbaik untuk Allah”

“hmm…”

“bingung ya? hehe. saya juga. saya cuma kadang mikir. yah mungkin ini karena ilmu saya masih dangkal juga. saya cuma bertanya-tanya, yang saya tahu, orang yang paling baik di hadapan Allah adalah yang paling takwa. lalu saya juga tahu sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat orang lain”

“hmm…”

“saya mencoba memperhatikan berbagai kondisi. ada orang yang memilih untuk menjadi akademisi. dengan profesinya itu, ia menyebarkan ilmu sebanyak-banyaknya. ada orang yang memilih untuk menjadi pengusaha. dengan kekuatan finansialnya ia membantu banyak orang terlepas dari jerat kemiskinan. ada orang yang memilih untuk menjadi pegawai perusahaan. ada orang yang memilih untuk menjadi pejabat publik, dan seterusnya”

“iya.. terus?”

“mereka memilih karena mereka mampu memilih. hanya saya masih berpikir, apakah seseorang menjadi akademisi, pengusaha, pegawai, atau pejabat publik telah benar-benar memilih yang terbaik untuk agamanya? ataukah dorongan keinginan dirinya?”

“hmm…”

“saya juga masih kadang memikirkan, bagaimana dengan kondisi mereka yang tidak dapat memilih. seseorang jadi guru di daerah terpencil. jadi dokter yang mengobati mereka yang tidak mampu, secara gratis. menjadi pengasuh panti asuhan. mereka yang bekerja kasar untuk sekedar penghidupannya, dan seterusnya. secara logika mereka mungkin tidak lebih banyak kontribusinya dibandingkan mereka yang mampu ‘memilih’, tapi apa itu berarti mereka tidak lebih baik dibandingkan yang lain? coba bayangkan bagaimana kalo ga ada orang-orang seperti penjaga mercusuar, seperti penjaga palang kereta api, pegawai kebersihan lingkungan, dll, apa jadinya?”

“hmm.. jadi.. maksudnya..?”

“entahlah, saya juga belum bisa mendefinisikan masalah yang berkecamuk dalam kepala saya. kadang saat mencoba memikirkannya, hati saya sudah terlalu penuh sesak untuk terus melanjutkannya..”

“hmm.. iya.. menarik juga…

aku juga belum punya jawaban yang mungkin bisa memuaskan rasa penasaranmu itu. tapi, saya tidak melihat bahwa membandingkan adalah metoda yang tepat untuk menjawabnya.”

“maksudnya?”

“ya, sederhananya, saya percaya setiap orang diberikan potensi keunggulan masing-masing. misalnya saja, potensi Umar berbeda dengan Utsman. berbeda juga dengan Khalid, Ali, dan sahabat lainnya. ada yang berprofesi sebagai khalifah (pejabat publik) yang oleh karenanya saat ia harus berfokus pada kepemimpinannya, ia harus meninggalkan profesi dagangnya. ada yang berprofesi sebagai pedagang yang dengan hartanya membantu tegaknya agama ini. ada yang sangat ahli dalam strategi perang yang dengan kejeniusannya islam mampu memenangkan berbagai peperangan penting. dan lain sebagainya.

sampai batas itu, menurutku sangat sulit untuk kita mengatakan, pedagang atau panglima perang atau pejabat publik merupakan profesi yang lebih baik dibandingkan yang lain (dengan asumsi kinerja masing-masing ideal sekalipun).

karena itulah… mungkin saat ini, ada baiknya kita mencoba berhenti bertanya. karena sesungguhnya kita hanya harus  menjawab.

tetapkan saja visimu untuk Tuhan dan agamamu, dengan sepenuh kesadaran akan potensi terbaikmu, istikharah dulu kalo perlu. setelah itu, bekerjalah. bekerjalah. berikanlah yang terbaik dan biarlah Allah yang akan menjadi saksi atasnya. menghitung setiap detail usahanya.

karena itu.. akan lebih aman dari riya’, dan lebih bersih dari prasangka. hehe, sotoy ya?

tapi mungkin memang begitu, jangan sampai kita menilai kemuliaan itu secara kasat mata, karena itu sangat jauh. dan apa yang ada di dalam hati itu lebih dilihat Allah..^^”

One thought on “.. kontribusi terbaik ..

Leave a Reply

