.. ITB untuk IPTEK Nasional ..


Bismillah..

Berbicara tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, pada dasarnya IPTEK haruslah berujung pada semakin meningkatnya kualitas hidup, kemakmuran, dan kesejahteraan manusia, baik secara psikis maupun psikologis. maka penting bagi kita untuk memahami, IPTEK haruslah selalu dilandasi dengan moral etis. karena tanpa itu, penyalahgunaan IPTEK justru dapat memberikan dampak negatif yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia.

contohnya saja, bagaimana bom nuklir mampu membinasakan ribuan umat manusia dalam waktu sekejap saja. bagaimana senjata berupa racun alam mampu merusak satu generasi di suatu kawasan. bagaimana ilmu-ilmu tentang kesehatan dan tubuh manusia semakin membuka peluang manusia berbuat semaunya. inilah yang harus dijaga, bagaimana agar perkembangan IPTEK selalu dibatasi oleh nilai-nilai moral dan etis sehingga kebermanfataannya menjadi melimpah-limpah.

IPTEK modal kebangkitan Bangsa

Tidak diragukan lagi, IPTEK -walau bukan modal satu-satunya- merupakan basis modal yang sangat penting bagi kemandirian dan kemajuan sebuah bangsa. IPTEK sebuah negara akan menentukan bagaimana daya tahan dan daya saing negara tersebut dalam konteks global. mereka yang tidak mampu mengikuti dan menjadi leader dalam bidang IPTEK akan senantiasa tertinggal dan oleh karenanya tidak mampu berbicara banyak di kancah global.

IPTEK dalam perannya sebagai modal kebangkitan bangsa, sangat erat hubungannya dengan perindustrian. dengan IPTEK yang maju dan mampu bersaing, implikasinya kepada penelitian, pengembangan, dan inovasi di bidang industri sangatlah sinergis. dimana kemampuan berinovasi itu sendiri akan membuat industri nasional semakin maju dan mampu bersaing dalam pasar global. pada akhirnya, dengan majunya perindustrian nasional, akan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Dalam kacamata internal, IPTEK juga sangat penting untuk menunjang kesejahteraan dan kemakmuran, serta meningkatkan kualitas hidup dari rakyat itu sendiri. dalam sudut pandang ini, IPTEK haruslah memberikan sebuah produk yang tepat guna di berbagai aspek kehidupan, baik kesehatan, pangan, informasi, transportasi, pertahanan, keamanan, sosial, dan lain sebagainya. kemajuan IPTEK yang berujung pada produk tepat guna ini juga harus dibarengi dengan kesadaran dan kepahaman masyarakat pengguna IPTEK itu sendiri. sehingga produk dan user dapat berinteraksi dengan baik pada akhirnya.

Maka..

Untuk menjadikan IPTEK berjalan sesuai dengan fungsi idealnya, terdapat beberapa hal yang menjadi koridor dan arahan pengembangan IPTEK di Indonesia. minimal terdapat 3 hal sebagai berikut:

  1. IPTEK yang berlandaskan moral dan etis
  2. IPTEK yang mampu memberikan dampak nyata dan signifikan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat (IPTEK yang tepat guna)
  3. IPTEK yang maju dan bersaing

Tiga poin di atas merupakan sebuah asa yang diharapkan, agar Indonesia mampu maju dan berbicara lebih banyak di kancah internasional. agar Indonesia tidak hanya sekedar mandiri, namun juga maju. agar Indonesia bergerak bukan hanya untuk menyejahterakan rakyatnya sendiri, tapi mengambil perannya sebagai kontributor peradaban dunia!

selanjutnya:

Kondisi IPTEK Nasional saat ini

Faktor-faktor yang memperngaruhi IPTEK di Indonesia

Peran Perguruan Tinggi dalam IPTEK Nasional

Peran Mahasiswa dan KM ITB dalam IPTEK Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s