.. dari ITB untuk Indonesia .. [part#2]


sebuah catatan emas dan ukiran inspirasi untuk generasi

mahasiswa merupakan icon masyarakat intelektual. oleh karenanya, dengan potensi dan ekspektasi yang dibebankan kepadanya, mahasiswa diharapkan mampu menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di sekitarnya, baik skala lokal, nasional, bahkan internasional. mahasiswa dituntut untuk mampu melakukan gerakan dan kontribusinya secara horizontal dan vertikal. mahasiswa juga dituntut untuk mampu mempersembahkan karya nyata pada saat dia duduk di bangku kuliah, dan di sisi lain, dituntut untuk menempa diri menjadi sosok matang yang akan mengisi pos strategis pasca kampus.

saat ini, tantangan mahasiswa semakin besar. mahasiswa dituntut untuk belajar dan berkarya lebih banyak untuk mampu menjawab tantangan zaman yang melaju semakin pesat. oleh karenanya, mahasiswa harus mampu menemukan metode pembelajaran yang berpotensi memberikan akselerasi lebih cepat dalam proses pembelajarannya. mahasiswa harus mampu turun langsung ke lapangan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. namun di sisi lain, mahasiswa juga harus mampu berlama-lama di balik dinding lab atau kelas untuk mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal dirinya setelah kampus.

kompleks memang, dan itulah mengapa mahasiswa harus mampu cepat beradaptasi dan melakukan proyeksi yang cepat dan tepat dalam menentukan peran dan posisi dimana ia akan memberikan kontribusi signifikan pasca kampus. ia harus segera memproyeksikan dirinya dan mematangkan pilihannya tersebut, sehingga upaya yang dilakukannya akan mampu lebih efektif dan efisien.

competence-based student movement. mungkin itu istilah yang cukup mampu mengakomodasi substansi bahwa mahasiswa harus mampu melakukan aktivitasnya berbasiskan kompetensi yang mendalam sesuai bidang garapnya. baik saat ini maupun nanti, mahasiswa dapat diklasifikasikan dalam beberapa spektrum besar, yaitu spektrum privat (profesional dan pengusaha), publik (politisi dan birokrat), serta sosial (LSM).

Maka..

Rangkaian tulisan ini mencoba menggali sedalam-dalamnya inspirasi dan hikmah yang terserak dalam ukiran emas dan torehan tinta yang tersebar di berbagai suhuf-suhuf peristiwa para tokoh bangsa. tulisan ini, mencoba memetik inspirasi strategis, kemudian menganalisis, mengolaborasikan, dan melakukan sintesis aktual terhadap kondisi mahasiswa saat ini.

kami berharap, tulisan ini mampu menjadi gudang ide dan inspirasi. mampu memberikan visualisasi ideal untuk menjadi referensi bagi mahasiswa kontemporer dalam menentukan peran mereka saat ini, dan nanti. serta..
menyusun sendiri kisah fiktif kita,
menyusunnya dengan berkas-berkas cahaya yang penuh dengan hikmah-inspirasi bagi orang lain..
hingga kita melihatnya menyeruak nyata dalam setiap jengkal hidup kita..

untuk Tuhan, Bangsa, dan Alamamater
Merdeka!

ditulis oleh: Adjie Wicaksana | Teknik Industri 2007 | Kepala GAMAIS ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s