.. dari ITB untuk Indonesia ..


sebuah catatan emas dan ukiran inspirasi untuk generasi

hikmah itu, tidak hanya tersebar dari buku-buku teori dan tidak hanya dapat dipetik dari kejadian aktual di dunia nyata
tapi hikmah juga terserak dalam setiap jenak mimpi, harapan, dan kisah fiktif yang diadakan.
karena seperti mimpi yang masih belum nyata, Kita pun dapat menyusun sendiri kisah fiktif kita,
menyusunnya dengan berkas-berkas cahaya yang penuh dengan hikmah-inspirasi bagi orang lain..
hingga kita melihatnya menyeruak nyata dalam setiap jengkal hidup kita..
(Adjie, 2010)

sahabat, memang tidak mudah untuk kita memahami berkas-berkas cahaya inspirasi yang membias di sekitar kita. memang terkadang sulit untuk kita membahasakan berbagai nada hikmah yang terpendam di setiap jenak aktivitas kita. oleh karenanya, penting untuk kita bersungguh-sungguh menggali dan mendalami hikmah dan inspirasi itu. belajar dari ahlinya, learn from the experts. mengambilnya menjadi referensi model ideal untuk kita menyusun sendiri kisah inspirasi kita di masa depan.

Indonesia ini, tidak akan pernah maju hanya dengan kerja keras satu orang. hanya dengan ide, air mata, dan darah satu orang. pembangunan bangsa ini, bukan pula pekerjaan satu golongan atau upaya satu generasi. namun Indonesia ini dibangun dari rangkaian pengorbanan antar generasi. ditumbuhkan oleh air mata dan darah para pejuang berbagai elemen bangsa. disuburkan oleh berbagai cahaya ide pahlawan zamannya.

begitulah sahabat, maka tulisan ini berupaya untuk menyadarkan kita bahwa dunia ini semakin kompleks. alur informasi sudah berkembang begitu pesat dan sangat padat hingga tidak cukup untuk kita mengkaji seluruhnya. Soekarno pernah berkata JAS MERAH: jangan sekali-sekali melupakan sejarah. memang begitulah, penting untuk kita belajar dari pengalaman orang lain. penting untuk kita mengidentifikasi alur sejarah dan perkembangan dunia. menggali setiap hikmah yang tersembunyi sebagai bekal yang baik dalam memprediksi masa depan.

tulisan ini, berupaya untuk mengambil sebanyak-banyaknya pelajaran, hikmah, dan inspirasi dari para tokoh lintas generasi dari berbagai profesi. dengan tujuan, kita mampu memetik sendiri hikmah itu, dan merasakannya dalam hidup kita sendiri. hingga pada akhirnya, kita dapat menentukan peran kita saat ini dan nanti, yang dengan peran itu kita mengukirkan tinta emas karya dan kontribusi kita dalam kanvas sejarah pembangunan bangsa ini.

untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater
Merdeka!

ditulis oleh: Adjie Wicaksana | Teknik Industri 2007 | Kepala GAMAIS ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s