.. ITB untuk IPTEK Nasional .. [peran ITB dan KM ITB]


Posisi Perguruan Tinggi dalam IPTEK Nasional

Dalam pengembangan iptek, perguruan tinggi memiliki ciri yang tidak dimiliki baik oleh LPNK (Lembaga Penelitian Non Kementrian) maupun LPK (Lembaga Penelitian Kementrian), yaitu keberadaan mahasiswa sebagai sumberdaya kreatif yang setiap tahun terbarukan. Di negara maju, pengembangan iptek yang bersifat eksploratif dilaksanakan di universitas. Tugas-tugas mahasiswa sering menjadi sumber inspirasi yang segar bagi dosen untuk merumuskan proposal penelitian yang pada gilirannya digunakan untuk mendapatkan hibah riset baik dari pemerintah maupun dari dunia usaha. Bila berhasil, riset tersebut akan dilaksanakan dengan bantuan mahasiswa yang tidak memiliki ikatan kerja permanen untuk jangka waktu yang lama, sehingga dari segi biaya akan murah, tetapi bangkitan ide kreatifnya besar sekali. Untuk itu, mekanisme untuk memanen ide-ide kreatif dari mahasiswa perlu dibangun dengan baik. (dikutip dari RPJMN 2010-2014)

Perguruan tinggi sebagai salah satu unsur pengembangan IPTEK nasional berfungsi membentuk sumber daya manusia iptek Namun saat ini, kolaborasi antara lembaga litbang pemerintah dan perguruan tinggi dengan industri masih lemah. Hal tersebut ditunjukkan oleh rendahnya alokasi dana litbang yang disediakan oleh industri. Tambahan pula, lembaga litbang pemerintah dan perguruan tinggi belum optimal dalam menjadi sumber gagasan inovasi bagi industri.

Peran Mahasiswa

di awal paragraf, telah dipaparkan sekilas mengenai peran penting mahasiswa dalam pengembangan IPTEK. Pada dasarnya, mahasiswa memiliki potensi unik yang tidak dimiliki oleh elemen lain dalam upaya pengembangan IPTEK nasional. Peran mahasiswa yang seringkali didefinisikan sebagai agent of change, iron stock, dan guardian of value dalam hal ini masih sangat relevan dalam upaya pengembangan IPTEK nasional.

Agent of Change

mahasiswa memiliki potensi berupa semangat berinovasi, ide-ide segar yang out of the box, serta optimisme yang sangat besar terhadap masa depan. keterbukaannya terhadap informasi dan perkembangan teknologi juga sudah sangat baik dengan didukung akses informasi yang luas dari bangku kuliahnya. ini adalah potensi yang luar biasa dimiliki oleh mahasiswa, termasuk mahasiswa ITB.

oleh karenanya, mahasiswa membutuhkan iklim yang kuat di kampusnya untuk mendorongnya mengoptimalkan seluruh potensi tersebut dan menerjemahkannya dalam karya dan inovasi sesuai dengan latar belakang keilmuannya. gerakan produktivitas karya dalam keberagaman keilmuan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mengendorce mahasiswa agar lebih terobsesi dengan karya, inovasi, dan prestasi.

sistem inovasi nasional (SIN) dari pemerintah seharusnya bisa menjadi salah satu batu lompatan bagi melimpahnya karya-karya mahasiswa, baik dalam bentuk tulisan, penemuan, maupun produk penelitian. mahasiswa pada saat ini, sangat dituntut untuk belajar lebih dan berkarya lebih, agar menjadi generasi yang mampu menjawab tantangan zamannya.

Iron Stock

mahasiswa juga memiliki potensi untuk menjadi bagian penting di dunia pasca kampus. oleh karenanya, kehidupan di kampus haruslah mampu dioptimalkan untuk menempa diri dan meningkatkan kompetensi diri setinggi-tingginya. mahasiswa seharusnya sudah mampu memproyeksikan masa depannya. mampu membaca arah perkembangan zamannya dan menentukan posisi dimana dia akan berperan dengan signifikan nantinya.

bagi mereka yang hendak menjadi tekhnopreneur, menjadi peneliti, menjadi tenaga pengajar, menjadi profesional, atau apapun profesinya, saat-saat kuliah merupakan masa yang sangat strategis dalam pembekalan menuju itu semua.

Guardian of Value

mahasiswa memiliki potensi dan keberanian untuk ikut serta memberikan ide dan usulan terhadap kebijakan-kebijakan yang ada. mahasiswa memiliki kemampuan untuk menuntut pemerintah untuk lebih fokus dan serius dalam mendukung pengembangan IPTEK itu sendiri. mengawal, mengkritisi, bahkan mengusulkan alternatif solusi untuk kebijakan pemerintah sehingga mampu mendukung pengembangan IPTEK itu sendiri.

..ITB hari ini..

dengan segala potensi dan keutamaan yang dimiliki ITB dan mahasiswanya, kampus yang dikenal dengan logo gajah nya masih dirasa belum mampu memaksimalkan semua gift itu. partisipasi dan kultur karya, inovasi, dan prestasi merupakan kultur yang tidak terlalu terasa di ITB. obsesi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi hanya dapat dirasakan pada sebagian kecil dari mahasiswanya saja, bahkan juga dari para tenaga pengajarnya.

misalnya saja partisipasi ITB di PIMNAS yang rendah jika dibandingkan dengan kampus lain. dalam hal ini kita tidak sedang berbicara tentang hasil, namun tingkat partisipasi mahasiswa. walau mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun angka partisipasi ITB masih kalah dari beberapa perguruan tinggi lain. atau National Innovation Contest yang diadakan oleh HMM dalam rangkaian Mechanical Festival, ITB hanya mengirimkan 7 tim, padahal ada sekitar 25 tim dari ITS. selain itu lomba yang diadakan HMFT akhir-akhir ini, walaupun ahirnya dimenangkan oleh FT ITB, namun tetap saja partisipasi peserta ITB hanya setengah dari ITS (padahal ITB sendiri sebagai tuan rumah).

Maka..

menyadari dan memahami urgensi adalah satu hal. sedang memberikan gaya aksi terhadap pemahaman tersebut adalah hal lainnya. kedua hal tersebut sama pentingnya untuk sinergisasi aktivitas kita. maka idealnya, saat kita menyadari pentingnya IPTEK, dan bagaimana tuntutan peran kita sebagai mahasiswa dalam IPTEK, kita akan lebih termotivasi untukbergerak, berbuat, dan berkontribusi, sesuai dengan peran dan porsi kita saat ini.

Bagaimanapun, mahasiswa ITB harus mampu membangun kultur semangat berkarya, berinovasi, dan berprestasi dalam bidang IPTEK. kita perlu membangun obsesi kita terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. hingga pada akhirnya, kita akan mampu menjalankan peran kita dengan baik sebagai batu bata dari pembangunan bangsa ini.

untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater

Merdeka!

ditulis oleh:

Adjie Wicaksana

Teknik Industri 2007

Kepala GAMAIS ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s