berpikirlah melebihi ‘zaman’-mu!


catatan seorang mahasiswa -6 Januari 2011-

hari ini menarik, berbagai kejadian hari ini memberikan pesan yang rasanya sama, mengarahkan kepada satu hal: berpikirlah melebihi zaman-mu!

di awal hari, merampungkan resensi buku “Berpikir dan Berjiwa Besar”-nya David J Schwartz. salah satu poin yang dapat dipetik adalah, dalam merencanakan sesuatu dan melakukan setiap aktivitas: gantungkanlah target tertinggimu serta lakukanlah lebih dari ekspektasi orang terhadapmu!

hmm,, memang kita sebagai mahasiswa harusnya mampu berpikir lebih jauh. lebih dalam.

kemudian berkesempatan untuk berdialog dengan salah seorang dosen. beliau bercerita tentang kondisi kemahasiswaan saat ini. apa yang seharusnya dan bagaimana tantangannya. actually, it’s inspiring me a lot. intinya, saat orang lain berkelut dengan hal-hal sepele yang terlihat ‘menarik’ dan ‘populer’ -padahal dangkal-, kita harus mampu melihat jauh lebih luas. karena seringkali “euforia” itu mematikan kita secara perlahan. seperti seekor katak yang direbus secara perlahan-lahan.

di akhir mentari, lagi-lagi berkesempatan untuk berdialog dengan alumni ITB yang sukses di kampus pada zamannya. subhanallah, beliau mengatakan kurang lebih, “manusiawi dan wajar jika mahasiswa berpikir dan bertindak terlalu emosional. lebih cenderung banyak menuntut, mengkritisi, dan menghakimi, dengan terkadang tanpa ada solusi. itu tidak selamanya baik, namun itu manusiawi, karena mahasiswa memang masanya lebih banyak belajar”.

“namun..”, beliau melanjutkan pesannya, “kematangan diri yang ditumbuhkan dari unsur hara pengalaman serta cahaya pengetahuan, akan mampu membentuk mahasiswa yang lebih dewasa, lebih matang, lebih visioner. karena pada dasarnya kematangan seseorang tidak selalu ditentukan oleh usia”.

jadi? masih bangga hanya dengan status mahasiswa kita? masa mahasiswa memang sebentar namun sangat menentukan. mari belajar dan bekerja lebih banyak, agar kita dapat matang lebih cepat. agar kita tidak terjebak pada euforia sesaat yang melenakan diri kita. agar pada akhirnya…

kita dapat melihat lebih jauh, lebih luas, lebih bijak, bahkan melampaui kebanyakan orang pada zaman kita!

untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater
Merdeka!

^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s