ringankanlah bebanmu…!!


catatan seorang mahasiswa -9 Januari 2011-

pernahkah kamu mendapatkan satu tugas atau beban atau amanah yang sangat sangat berat? sampai terlalu berat hingga kamu merasa tidak pernah mampu menjalankannya dengan baik? pada saat itu, kadang kita bisa berargumen untuk menolak atau menunda diberikannya amanah itu. namun, pernahkah kamu mengalami kondisi dimana kamu tidak bisa menolaknya? tidak bisa menahannya walau hanya sebentar saja? saat dimana kamu tidak memiliki pilihan lain selain menerimanya dengan segenap kemampuanmu, terus melaju walau terseret dan tertatih??

hmm, saya merasakannya hari ini. saat dimana sebuah amanah datang tanpa diduga-duga. walau sudah mencoba berkelit untuk menghindar, tetap saja diembankan kepadanya.

“keadaan di lapangan benar-benar tidak memungkinkan. saya berbicara realita aktual. walau dicoba sekuat apapun, resource kita tidak cukup kuat untuk mengemban amanah itu”, belanya.
“ya, memang kami mengerti benar kondisinya. namun, tidak ada pilihan lain lagi kawan, keputusan sudah dibuat, dan kita hanya perlu menjalankannya semampu kita”, lanjutnya.
“tapi…”, diamnya sebentar. “baiklah kalau memang begitu..”

begitulah kawan, kira-kira yang terjadi jika amanah yang kita rasa tidak bisa kita emban datang tanpa diduga. berat sekali rasanya, bahkan kita sejak awal sudah tergambar dengan sangat jelas bagaimana kita tidak bisa berhasil, justru membawa kegagalan ke depannya. pada saat ini, ringankanlah bebanmu kawan. ringankanlah bebanmu, agar merekah senyum itu. agar bangkit semangat itu. agar tumbuh subur obsesi keberhasilan itu.

ringankanlah bebanmu, dengan meyakini, bahwa kita tidak akan pernah sendiri. selalu ada pertolongan dan kemudahan di setiap tantangan dan kesulitan.

ringankanlah bebanmu, dengan berdoa. berdoa, bukan agar beban ini dilepaskan atau dikurangi, tapi agar pundak ini diberikan kekuatan lebih untuk mampu mengembannya. agar tubuh ini kuat dalam menopang seluruh bebannya.

ringankanlah bebanmu, dengan meyakini, bahwa semua yang terjadi dalam hidup ini, telah tertulis dalam taqdir-Nya. karena dengan meyakini itu, kita tidak akan terlalu bersedih atas keburukan yang menimpa kita, serta atas apa yang luput dari kita. serta tidak akan terlampau berbangga terhadap berbagai pencapaian dan keberhasilan kita. dengan keyakinan ini, kita memahami bahwa ini semua hanya masalah pergiliran, dan ujian berupa kesempatan berbuat lebih banyak.

ringankanlah bebanmu, dengan mengingat kembali…
bahwa dalam jalan juang ini, begitulah karakteristik yang ada;

jalan juang ini memang jalan yang panjang, namun percayalah bahwa ini adalah jalan terbaik menuju ridho-Nya. maka jangan pernah berhenti hingga  kau bertemu dengan ujungnya

jalan juang ini memang jalan yang berat, berduri, dan penuh liku. namun percayalah bahwa besarnya pahala kebaikan akan sebanding dengan beratnya sebuah amalan. maka jangan lah berharap untuk dilepaskan berbagai beban ini. berdoa dan berharaplah agar pundak kita senantiasa kuat untuk menopangnya, senantiasa kokoh dalam mengembannya.

jalan juang ini memang selalu sedikit yang membersamainya. namun percayalah bahwa orang-orang besar memang selalu menjadi bagian kecil dari populasi, bahwa pahlawan selalu jauh lebih sedikit dari pada yang lainnya. maka bertahanlah! dan jadilah bagian yang sedikit itu, menjadi pahlawan yang dirindukan umat ini!

kawan, ringankanlah bebanmu..

ringankanlah bebanmu dengan menjauhkan diri dari keluhan, segera dalam melaksanakannya, serta doa sebagai senjata utama.

walau dengan segala keterbatasan kita, dengan berbagai kelemahan kita. tetaplah tersenyum! tetaplah optimis! tetaplah terobsesi terhadap kesempurnaan pencapaian! maka lihatlah sebuah keajaiban, bahwa alam dan lingkungan akan mendukung kita ^^

untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater
Merdeka!

^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s