.. need a break ..


di suatu sore yang dingin setelah diguyur air hujan. basah sebasah hati ini nantinya.

dosen: “wah, kamu telat. kalo sekarang saya sudah tidak mau terima”
mahasiswa: “maaf pak, saya memang terlambat mendapat info itu pak. dan baru sempat menghadap bapak sekarang”
dosen: “ya gak bisa. pokoknya dari saya kamu dapat 0. berarti nilai kamu E!”
mahasiswa: *glek* “apa tidak ada yang bisa saya lakukan pak? tugas atau apapun pak. setidaknya agar saya bisa lolos walau cuma dapat nilai minimal”
dosen: “ah. ga bisa. IP kamu kemarin berapa? pasti anak kayak kamu IPnya bermasalah”
mahasiswa: “alhamdulillah IP saya kemarin 3,5 pak. tapi KP saya masih T. saya sekarang sedang ngambil TA2 pak. jadi kalo KP saya ga lulus, saya ga bisa lulus Juli pak..”
dosen: “oh. bagus juga IP kamu. tapi tetap ga bisa. kamu saya kasih 0. kan waktu itu kamu sudah saya panggil. tapi ga datang. ya sudah saya kasih 0”
mahasiswa: “tapi saya jadi ga bisa lulus cuma gara-gara KP ini aja pak…”
dosen: “ya itu risiko kamu.”
*glek*

ya Rabb.. gimana nanti ngasih tau ibu saya? kalau saya ga bisa lulus cepat karena kesalahan kecil ini?

Ya Rabb.. saya memang se enggak suka itu sama masalah administrasi. sama masalah birokrasi. sama menunggu. janjian yang ga jelas. nunggu dosen yang ga tau datengnya kapan. saya memang se enggak suka itu. dan saya memang jadi malas mengurusnya. tapi apakah harus seberat ini akibatnya….. ngambil KP lagi. ngulang KP lagi? ah bahkan KP pun penuh dengan administrasi yang menjemukan.

beberapa waktu kemudian

sms masuk. “gimana akh progress xxx? kreativitas antm tidak dibatasi. malam ini ana tunggu kabarnya ya”. huff… amanah ini jadi jauh lebih berat dari yang dibebankan sejak awal. really need a break!

***

hmm.. baru saja beberapa jam yang lalu sang mahasiswa mengisi ta’lim dan mengucapkan beberapa tausiyah seperti:

percayalah, bahwa apa yang menimpa kita itu semuanya sudah tertulis di Lauhul Mahfudz. agar kita jangan terlalu berbangga diri dengan pencapaian kita. dan tidak bersedih hati atas apa yang luput dari kita.

percaya deh, bahwa Allah itu lebih tahu yang terbaik buat kita. apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah. apa yang buruk bagi kita, belum tentu buruk menurut Allah.

ikhtiar itu berarti, walaupun tanda-tanda kegagalan telah di depan mata, tapi kita terus berusaha maksimal. karena kita tahu, bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu. karena saat Allah berkata “jadilah!”, maka jadilah.

astaghfirullah.. sekarang itu semua dituntut untuk diterapkan ke diri sendiri. di saat “tidak lulus” tidak pernah terlintas sama sekali dalam benak ini. di saat janji oktober sudah terpatri ke hati orang tua. saat 11-11-11 jadi obsesi. ini terjadi. huff..

dan Allah memang Maha Halus, saya dapat tausiyah kertas pada hari yang sama dengan tulisan:

“Sesungguhnya seseorang hamba itu niscayalah berbicara dengan suatu perkataan yang tidak ia fikirkan -baik atau buruknya, maka dengan sebab perkataannya itu ia dapat tergelincir ke neraka yang jaraknya lebih jauh daripada jarak antara sudut timur dan sudut barat” (Muttafaq ‘alaihi)

***

ya Rabb kuatkanlah..

it can’t stop me, insya Allah. maybe i just need a break for a while. can i? may i?

5 thoughts on “.. need a break ..

  1. insyaAllah itu yg terbaik…skenarioNya seringkali membuat terkejut…..
    tp taujihnya mantap bgt…jadi membesarka hati sy sendiri,,,,

    anyway, kata seorang teman saya, Tuhan itu dekat dgn mahasiswa tingkat akhir:)

Leave a Reply

