sentuhan . . . .


Pernahkah kau merasa kehilangan sesuatu yang penting? Hanya saja kau tidak merasakannya untuk sejenak waktu. Kau kehilangan, namun kau belum merasakan, hingga kau tersadar karena dampaknya yang cukup signifikan dalam hidupmu.

Mungkin awalnya hanya tekanan. namun tekanan itu berlangsung cukup lama. dan mungkin karenanya perlahan-lahan sentuhan itu membias.

Ah sejujurnya aku tidak suka berada pada posisi ini. Aku tidak nyaman berperan sebagai seorang yang “hanya” bisa beretorika. Aku ingin berjuang bersama. Aku ingin merasakan peluhnya. Aku ingin merealisasikan langsung obsesinya. Bersama jatuh bangun dengan kendala-kendalanya. Mendobrak batasan-batasannya. (kadang sikap perfeksionis bisa menyiksa)

Namun jika amanah itu hadir, pantaskah diri ini menolak? Jika beban itu datang, adakah pengorbanan tidak menjadi jawaban? Dan aku mencoba percaya, ini adalah pembelajaran. Pembelajaran sebagai salah satu tujuan, dan karena itulah kita bertahan.

Mungkin butuh waktu untuk belajar, dan bisa jadi banyak hal yang menjadi ‘bayaran’-nya.

Dan saat diri sudah tersadar, mengembalikan sentuhan itu merupakan proses pembelajaran. dan aku masih belajar; belajar mendapatkan lagi sentuhan yang hilang.

Sentuhan itu, mampu membuat hati lebih peka dalam merasa..
Sentuhan itu, mampu membuat antipati menjadi simpati..
Sentuhan itu, mampu membangun kesetiaan yang tulus..
Sentuhan itu, mampu membangun kenyamanan dalam jiwa..
Sentuhan itu, -saya percaya- adalah keniscayaan bagi keimanan..

Ah, aku masih belajar, memang sudah cukup lama aku belajar. tapi aku tidak berhenti. tidak akan berhenti, insya Allah.

————-

Uda lama ga ngepost di wordpress. Akhirnya, untuk membangun sentuhan yang sama, mencoba menulis lagi..🙂

 

gambar diambil dari: awesomepictures.me

Leave a Reply

