untuk Alfath #1: tentang Nama


Alfath comp

Teruntuk anakku tersayang,

Hari ini tepat 1 bulan kau lahir ke dunia. Percayalah sayang, setiap hari bertambah, semakin bertambah pula rasa cinta Ayah dan Bunda kepadamu. Sungguh sejak Bunda mengandungmu, rasa syukur dan harap kami bercampur dan terus bertumbuh setiap waktu. Sejak mula, Ayah dan Ibu selalu berharap yang terbaik untukmu.

“Sesungguhnya pada hari kiamat kamu sekalian akan dipanggil dengan namamu dan nama ayahmu. Buatlah nama-namamu yang baik” (HR. Imam Abu Daud)

Rasul kita mengatakan bahwa nama adalah doa. Kami pun menyiapkan nama terbaik untukmu, sebagai sebuah doa dan harap agar nama ini membawa banyak kebaikan untukmu.

Setelah beberapa pekan sebelum engkau lahir, kami berdiskusi cukup panjang tentang alternatif nama yang terbaik, hingga kami bersepakat memberikanmu nama:

Alfath Archadya Wicaksana

Alfath berarti kemenangan. Alfath adalah surat ke 48 dalam Al-Quran. Alfath juga terinspirasi dari panglima muslim penakluk Konstatinopel: Muhammad Al Fatih. Maka dari pemberian nama ini, Ayah dan Bunda berharap engkau dapat menjadi seorang pejuang Allah yang mampu membawa kemenangan bagi dirimu, masyarakatmu, dan agamamu. Alfath juga merupakan representasi nama islam dalam namamu, yang merupakan jalan hidupmu hingga kau meninggal.

Archadya berasal dari kata Arkadia, salah satu kota di Yunani Eropa. Kota ini terkenal indah, hijau, dan tenang. Kami memberikan keunikan dalam huruf ‘ch’ dalam nama tengahmu, untuk memberikan makna unik dan berbeda. Jangan pernah takut menjadi berbeda, dalam sudut pandang yang positif. Karena pahlawan setiap zamannya merupakan orang-orang yang berbeda dari kebanyakan orang. Archadya juga memberikan representasi nama internasional, yang kami harapkan terwujud dalam wawasan dan kapasitas bersaing internasional yang akan kau raih.

Wicaksana artinya bijaksana. Sebuah nama dengan nuansa lokal dan garis keturunan yang kental. Kami berharap nama Wicaksana dapat menjadikanmu seorang yang bijaksana, memiliki kesadaran kondisi ke-kini-an dan ke-disini-an, serta memahami garis sejarah diri pribadimu. Pemahaman yang kuat akan diri dan budayamu sendiri akan menjadi keunggulan dirimu dalam memberikan kebermanfaatan bagi lingkunganmu.

Anakku Alfath Archadya Wicaksana tersayang,

Ayah dan Bunda berharap dengan nama Alfath Archadya Wicaksana, engkau akan bertumbuh menjadi seorang muslim taqwa, pejuang Allah yang bijaksana, tenang pembawaannya, indah perilakunya, kuat akar pemahamannya, luas wawasannya, bersifat unggul, dan pada akhirnya, memberikan kemenangan bagi dirimu, keluargamu, dan agamamu.

Semoga Allah mengijabah doa Ayah dan Bunda. Semoga engkau bisa menjadi penyejuk hati dan pandangan kami, dan pada akhirnya menjadi amal jariyah kami untuk menuju surga-Nya.

Hanya kepada Allah kami menyembah dan memohon pertolongan.

Salam cinta penuh kehangatan,
Ayah dan Bunda

Rabu, 4 Juni 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s